Lihat Konjungsi Planet Venus dan Jupiter Hingga Akhir Agustus 2016

Belakangan ini sering melihat dua objek bagai bintang terang di langit Barat? Sebenarnya kedua objek tersebut bukanlah bintang, melainkan planet Venus dan Jupiter. Mulai 23 sampai dengan 31 Agustus 2016 ini, kita akan melihat kedua planet saling berdekatan satu sama lain.
Letak Venus dan Jupiter yang berpindah mulai 23-31 Agustus 2016. Kredit: InfoAstronomy.org/Stellarium
Info Astronomy - Belakangan ini sering melihat dua objek bagai bintang terang di langit Barat? Sebenarnya kedua objek tersebut bukanlah bintang, melainkan planet Venus dan Jupiter. Mulai 23 sampai dengan 31 Agustus 2016 ini, kita akan melihat kedua planet tersebut saling berdekatan satu sama lain.

Seperti pada grafis peta langit di atas, kedua planet yang awalnya "berjauhan" akan semakin dekat dan dekat hingga akhirnya kembali berpisah. Puncak konjungsi ini adalah pada 27 Agustus 2016, saat keduanya hanya akan terpisah 1/15 derajat di kubah langit Bumi.

Seberapa dekat Venus dan Jupiter? 1/15 derajat setara dengan sekitar 1/7 hingga 1/8 diameter tampak Bulan di langit Bumi. Itu jelas jarak sudut yang sangat kecil, membuat dua planet ini akan terlihat dengan mudah dalam satu bidang pandang binokuler ataupun teleskop.

Untuk melihat keduanya, pastikan langit arah Barat daerah Anda tidak terhalang bangunan tinggi, perbukitan atau pegunungan, sebab keduanya akan berada tidak lebih dari 15 derajat di atas cakrawala Barat. Venus dan Jupiter mulai terlihat sekitar 30 sampai 40 menit setelah Matahari terbenam.

Dalam pandangan mata telanjang, kedua planet ini akan nampak bagai bintang terang yang cahayanya tidak berkelap-kelip, berbeda dengan bintang sejati yang cahayanya menembus turbulensi atmosfer sehingga terlihat berkelap-kelip. Jika Anda punya teleskop, inilah saat terbaik untuk mengamati keduanya secara berbarengan!

Venus dan Jupiter masing-masing merupakan objek paling terang ketiga dan keempat di langit Bumi setelah Matahari dan Bulan. Jadi, jika langit cerah selama rentang tanggal 23-31 Agustus 2016, Anda dapat dengan mudah menemukan dua planet Tata Surya ini, ditambah Merkurius juga yang tidak jauh dari keduanya.

Tidak akan ada dampak negatif dari peristiwa konjungsi ini. Peristiwa ini sebenarnya hanya peristiwa biasa yang sering terjadi akibat objek-objek langit saling mengitari Matahari. Walaupun dikatakan saling berdekatan, pada kenyataannya posisi Venus dan Jupiter sangat saling berjauhan. Kita melihat mereka seolah bersebelahan karena perspektif pengamatan dari Bumi saja.

Dan untuk memudahkan Anda menemukan kedua planet senja ini, silakan unduh aplikasi peta langit yang cocok untuk gawai Anda di sini: infoastronomy.org/unduh