Hitung Mundur Satu Tahun Menjelang Gerhana Matahari Total AS 2017

Gerhana Matahari Total. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Setelah Indonesia menjadi tuan rumah gerhana Matahari total 9 Maret 2016, pada 21 Agustus 2017 mendatang giliran Amerika Serikat yang menjadi tuan rumah baru. Negeri Paman Sam akan dilintasi gerhana Matahari total dari ujung pantai Barat ke pantai Timur. Mereka bahkan menjulukinya sebagai "The Great American Eclipse".

Terakhir kali gerhana Matahari total melintasi daratan AS adalah pada 11 Juli 1991, saat itu Hawaii menjadi satu-satunya wilayah yang paling beruntung untuk mengamatinya. Namun, The Great American Eclipse sebelumnya terjadi pada 8 Juni 1918 ketika jalur gerhana total melintasi Amerika Serikat dari pantai Pasifik ke Atlantik.

Anda sudah berencana untuk berburu gerhana di AS? Totalitas gerhana pada 21 Agustus 2017 mendatang melintasi banyak negara-negara bagian di AS dimulai dari Oregon, Idaho, Wyoming, Nebraska, Kansas, Missouri, Kentucky, Illinois, Tennesse, dan terakhir Carolina Selatan. Bayangan Bulan akan melintasi negara-negara bagian tersebut selama kurang lebih satu setengah jam.

Durasi tercepat totalitas gerhana Matahari pada 21 Agustus 2017 ini adalah sekitar 2 menit, yakni di Kota Lincoln, Oregon. Totalitas gerhana bakal mencapai durasi maksimum yakni 2 menit 42 detik di Carbondale, Illinois.

Peta gerhana Matahari total 21 Agustus 2017. Kredit: GreatAmericanEclipse.com
Pada peta di atas, garis kuning besar yang melintang merupakan wilayah-wilayah di AS yang berkesempatan melihat gerhana Matahari secara total. Sementara 'magnitude' mengacu pada fraksi maksimum piringan Matahari yang tertutup oleh Bulan.

Sementara itu, di luar jalur kuning hanya akan melihat gerhana Matahari parsial, yang tidak hanya terlihat di AS melainkan akan terlihat dari seluruh Amerika Utara, sebagian Amerika Selatan, Eropa Barat sampai pada Benua Afrika.

Gerhana Matahari Total 21 Agustus 2017 ini akan dimulai pada pukul 16:05 UT atau sekitar pukul 23:05 WIB untuk wilayah AS paling Barat dan dimulai pada pukul 17:10 UT (00:10 WIB, 22 Agustus 2016) untuk wilayah AS paling Timur.

Saat ini sudah banyak agen perjalanan dan wisata di AS yang sudah bersiap untuk menyediakan paket wisata gerhana. Salah satunya yakni Intrepid Astronomy yang sudah menyiapkan rancangan perjalanan dengan biaya di bawah Rp 17 juta.

Selamat berburu gerhana!

Baca Juga: Memahami Proses Terjadinya Gerhana Matahari
Hitung Mundur Satu Tahun Menjelang Gerhana Matahari Total AS 2017 Hitung Mundur Satu Tahun Menjelang Gerhana Matahari Total AS 2017 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/21/2016 07:21:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.