Matahari Letupkan Tiga Suar Surya Level Menengah, Apa Dampaknya?

Matahari dalam panjang gelombang ultraviolet. Suar kelas menengah berada di sisi kanan. Kredit: NASA/SDO
Info Astronomy - Matahari, pusat Tata Surya kita, terlihat meletupkan tiga jilatan api atau suar surya tingkat menengah pada 22–23 Juli 2016. Saat ini Matahari masih berada dalam periode aktivitas rendah, sehingga suar ini adalah letupan besar pertama yang sukses diamati sejak April 2016.

Menurut laman cuaca antariksa resmi NOAA, tiga suar surya ini dikategorikan sebagai jilatan api yang berada di level menengah atau kelas-M, yang secara substansial kurang intens daripada jilatan api Matahari yang paling kuat, kelas-X.

Wahana antariksa Solar Dynamics Observatory milik Lembaga Antariksa AS (NASA), yang mengamati Matahari terus-menerus, adalah yang berhasil memotret Matahari dalam panjang gelombang ultraviolet di atas artikel ini. Nampak ketiga suar surya tersebut berada di sisi kanan.

Suar surya sendiri adalah semburan kuat dari radiasi. Radiasi berbahaya dari suar surya tidak dapat menembus atmosfer Bumi sehingga tidak akan memengaruhi manusia secara fisik, melainkan dapat mengganggu sinyal GPS dan sinyal komunikasi.

Suar surya tidak menyebabkan suhu Bumi menjadi panas. Karena iklim di Bumi dipengaruhi oleh kemiringan sumbu Bumi dalam berotasi, atau mungkin daerah Anda saja yang kurang rindang.

Dari ketiga suar surya ini, yang pertama adalah kelas M5.0, yang memuncak pada 09:11 WIB pada 22 Juli 2016. Kedua, yang terkuat, adalah kelas M7.6, memuncak pada 12:16 WIB pada 23 Juli. Dan yang ketiga adalah kelas M5.5, yang memuncak 15 menit kemudian pukul 12:31 WIB.
Matahari Letupkan Tiga Suar Surya Level Menengah, Apa Dampaknya? Matahari Letupkan Tiga Suar Surya Level Menengah, Apa Dampaknya? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/26/2016 08:37:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.