Styx, Satelit Alami Kelima Pluto Ditemukan Hari Ini 4 Tahun Lalu

Sistem Pluto dengan lima satelit alaminya. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Styx adalah satelit alami kecil Pluto yang penemuannya diumumkan 4 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 12 Juli 2012. Styx adalah satelit Pluto yang paling terakhir ditemukan, ia ditemukan satu tahun setelah penemuan satelit keempat Pluto, Kerberos. 

Dalam penelitian yang dilakukan wahana antariksa New Horizons pada Juli 2015, Styx diketahui memiliki diameter 13 × 8 km dan mengorbit Pluto pada periode orbit 20,2 hari.

Styx ditemukan oleh tim astronom yang dipimpin oleh astronom Mark R. Showalter, menggunakan empat belas set gambar yang diambil antara 26 Juni hingga 9 Juli 2012 dengan Wide Field Camera 3 yang terpasang pada Teleskop Antariksa Hubble. Nama lain dari Styx adalah S/2012 (134340) 1, dan secara informal disebut sebagai P5.

Penemuan ini membuat para astronom, khususnya tim riset Pluto, tertarik untuk semakin menelitinya. Pluto merupakan planet kerdil namun ia memiliki koleksi satelit yang cukup kompleks. Dibandingkan dengan Bumi yang hanya punya satu satelit alami, Pluto memiliki lima.

Penemuan baru ini juga menambahkan petunjuk bagi para astronom untuk mengungkap bagaimana Pluto dapat terbentuk saat penciptaan Tata Surya dan bagaimana Pluto bisa berkembang. Teori yang ada saat ini mengungkapkan bahwa semua satelit Pluto terbentuk akibat tabrakan antara Pluto dengan objek sabuk kuiper lain yang amat besar beberapa miliar tahun yang lalu.
Styx, Satelit Alami Kelima Pluto Ditemukan Hari Ini 4 Tahun Lalu Styx, Satelit Alami Kelima Pluto Ditemukan Hari Ini 4 Tahun Lalu Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/12/2016 11:40:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.