Sistem Bintang Vulcan di Dunia Nyata Berhasil Ditemukan

Ilustrasi perbandingan Tata Surya dengan sistem bintang Vulcan. Kredit: NASA
Info Astronomy - Anda seorang penggemar Star Trek? Jika iya, mungkin Vulcan tak asing bagi Anda. Dalam Star Trek, Vulcan adalah rumah dari spesies yang mengedepankan logika dibandingkan perasaan, dan baru-baru ini, sistem bintang Vulcan benar-benar ditemukan di galaksi kita.

Sementara planet Vulcan adalah fiksi ilmiah, yang bahkan telah dihancurkan oleh bangsa Romulan, namun saat ini yang berhasil ditemukan adalah sistem bintang 40 Eridani yang sangat mirip dengan sistem bintang Vulcan. 40 Eridani terletak hanya 16,5 tahun cahaya dari Bumi dan bintang utamanya dapat terlihat dengan mata telanjang.

“Mungkinkah ada planet mirip Bumi di sistem ini? Kami belum mengetahui dan memastikan sekarang,” kata Karl Stapelfeldt, kepala ilmuwan dari Program Eksplorasi Planet Ekstrasurya NASA. Jadi sementara planet Vulcan (sejauh yang kita tahu) belum ditemukan, namun sistem bintangnya sudah. Jika ada planet yang mengitari sistem bintang ini, mana penghuninya akan melihat sunset tiga Matahari yang terbenam bersama-sama.

Ya, sistem bintang 40 Eridani adalah sistem tiga bintang yang saling mengitari satu sama lain. Yang paling besar adalah bintang 40 Eridani A, bintang mirip Matahari. Dua lainnya adalah sepasang bintang katai merah dan putih yang mengorbit satu sama lain sekaligus bersama-sama mengorbit bintang 40 Eridani A.

Jika ada planet berbatu seperti Bumi di sistem bintang tersebut, maka planet Vulcan yang merupakan salah satu planet di mana Spock pernah tinggal berada di zona habitasi bintang terbesar, 40 Eridani A. Zona habitasi atau zona laik huni ditampilkan sebagai daerah dengan warna hijau pada ilustrasi di atas, ini merupakan zona jarak dari bintang induk di mana air dalam bentuk cair mungkin ada di sana.

Jika terlalu jauh dari bintang induknya, maka Vulcan akan membeku seperti Pluto, tapi jika terlalu dekat maka akan sangat panas seperti Merkurius. Planet Vulcan (jika memang ada), diperkirakan terletak di tepi bagian dalam zona habitasi 40 Eridani.

Tetapi jika ada planet seperti Vulcan dalam sistem bintang 40 Eridani, akankah kita dapat melihatnya dari Bumi? Sayangnya, belum bisa. “Kami belum memiliki cara untuk mendeteksi planet di sana, tapi NASA sedang merancang teknologi untuk membuatnya menjadi mungkin,” tutup Stapelfeldt.
Sistem Bintang Vulcan di Dunia Nyata Berhasil Ditemukan Sistem Bintang Vulcan di Dunia Nyata Berhasil Ditemukan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/25/2016 09:20:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.