Seberapa Cepat Bintang Bisa Berputar?

Ilustrasi bintang VFTS 102, bintang dengan rotasi tercepat yang diketahui di alam semesta. Kredit: NASA, ESA, STScl
Info Astronomy - Segala sesuatu di alam semesta ini berputar. Satelit alami berputar pada porosnya dan mengelilingi planet, planet berputar pada porosnya dan mengelilingi bintang, bintang pun demikian, ia berputar mengelilingi pusat galaksi. Tapi tahukah Anda seberapa cepat bintang bisa berputar?

Perlu diketahui bintang tidaklah sama seperti planet, bintang terbentuk dari gumpalan plasma yang bereaksi fusi nuklir. Seperti semua bintang, Matahari kita berputar pada porosnya. Sayangnya kita sulit melihat rotasi Matahari karena terlalu silau dan membayakan mata. Namun, kita dapat menggunakan teleskop yang dilapisi filter untuk melihatnya. Apa lagi jika sedang ada sunspot atau bintik Matahari, kita dapat melihatnya bergerak berputar di permukaan Matahari.

Dan menurut pengamatan yang telah dilakukan, diketahui bahwa ekuator atau khatulistiwa Matahari membutuhkan waktu 24,47 hari untuk berputar sekali pada porosnya, sedangkan kedua kutub Matahari berotasi lebih lambat yakni 26,24 hari.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Matahari bukanlah benda bola yang solid, Matahari—dan semua bintang di alam semesta—adalah bola plasma panas, sehingga bagian-bagian permukaannya melakukan rotasi pada tingkat kecepatan yang berbeda.

Bagaimana jika dibandingkan dengan bintang lain, dan apa bintang dengan rotasi tercepat di alam semesta?

Sebuah bintang yang berputar lebih cepat dari Matahari kita salah satunya adalah Achenar, bintang paling terang kesepuluh di langit, yang terletak 139 tahun cahaya di konstelasi Eridanus. Archenar memiliki sekitar 7 kali massa Matahari, tapi ia berputar sekali pada porosnya setiap 2 hari. Jika kita bisa melihat Achenar lebih dekat, kita akan melihat Archenar seperti bola pipih.

Sementara itu, bintang dengan rotasi tercepat di alam semesta adalah bintang yang memiliki massa 25 kali massa Matahari, namanya VFTS 102, terletak sekitar 160.000 tahun cahaya di Awan Magellan Besar, di jantung Nebula Tarantula—sebuah pabrik bintang-bintang raksasa. Jika Anda bisa berdiri di permukaan VFTS 102, Anda akan berputar pada kecepatan 2 juta km per jam.

Satu catatan menarik lainnya tentang VFTS 102 adalah bahwa ia juga meluncur melintasi luar angkasa jauh lebih cepat daripada bintang-bintang di sekitarnya. Para astronom berpikir mungkin awalnya VFTS 102 merupakan sistem biner dengan bintang yang telah meledak sebagau supernova, sehingga menghempaskannya seperti ketapel.

Tidak hanya bintang normal saja yanvbisa berputar, bintang mati pun dapat berputar juga!

Bintang mati yang dimaksud adalah bintang neutron, sebuah jenis bintang yang tercipta ketika sebuah bintang yang memiliki massa lebih besar dari Matahari meledak sebagai supernova. Bintang yang meledak tersebut akan berubah menjadi sisa bintang dengan dua kali massa Matahari yang terkompresi ke dalam ukuran bola kecil berdiameter 20 km.

Jika Bintang VFTS 102 adalah bintang normal dengan rotasi tercepat, bintang neutron adalah bintang mati dengan rotasi tercepat, yakni sekitar 700 kali per detik!