Ketika Interaksi Dua Galaksi Berbentuk Mirip Bunga Mawar

Interaksi galaksi Arp 273. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Citra yang dipotret dengan Teleskop Antariksa Hubble ini menunjukkan sekelompok galaksi yang saling berinteraksi satu sama lain akibat gravitasi yang disebut Arp 273. Galaksi spiral yang besar, yang dinamai UGC 1810, memiliki cakram galaksi yang terdistorsi menjadi bentuk mirip kelopak mawar.

Distorsi cakram galaksi spiral yang besar itu disebabkan oleh tarikan gravitasi dari galaksi pendamping di bawahnya, yang dikenal sebagai UGC 1813. Balutan cahaya biru di bagian atas adalah gabungan cahaya dari kelompok bintang muda yang berwarna biru sangat terang dan panas. Bintang-bintang besar tersebut bersinar terang dalam cahaya ultraviolet.

Menurut para astronom yang menelitinya, awalnya kedua galaksi ini terpisah satu sama lain, namun akibat jarak antara keduanya relatif dekat, interaksi kedua galaksi pun terjadi. Galaksi yang lebih kecil, UGC 1813, semakin mendekati galaksi UGC 1810. Diperkirakan jutaan atau miliaran tahun mendatang, kedua galaksi ini akan menyatu seutuhnya menjadi galaksi spiral raksasa.

Galaksi spiral UGC 1810 diketahui berukuran sekitar lima kali lebih besar dibandingkan dengan galaksi yang lebih kecil. Arp 273 terletak di konstelasi Andromeda dan kira-kira 300 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Walau terlihat dekat dalam citra yang dijepret Hubble ini, sebenarnya kedua galaksi terpisah puluhan ribu tahun cahaya satu sama lain.

Galaksi-galaksi yang berinteraksi seperti ini memang banyak ditemukan di seluruh alam semesta, kadang-kadang berupa tabrakan dramatis yang memicu semburan pembentukan bintang, kadang juga penyatuan yang menghasilkan galaksi baru. Hubble pernah merilis koleksi 59 galaksi yang berinteraksi saat ulang tahunnya yang ke 18 tahun pada 2008 lalu.

Penyatuan galaksi, yang lebih umum di alam semesta awal daripada sekarang, dianggap salah satu kekuatan pendorong utama untuk evolusi kosmik, menyalakan quasar, memicu kelahiran bintang-bintang dan kematian bintang yang eksplosif. Bahkan galaksi-galaksi yang tampaknya terisolasi, akan menunjukkan tanda-tanda dalam struktur internal mereka bahwa mereka telah mengalami satu atau lebih penyatuan galaks di masa lalu mereka.

Bima Sakti kita sendiri berisi puing-puing dari banyak galaksi yang lebih kecil yang mendekatinya dan kemudian dilahapnya di masa lalu, dan saat ini sedang menyerap galaksi kerdil berbentuk elips, Sagittarius.

Pada gilirannya, Bima Sakti kita akan bergabung dengan tetangga raksasanya, galaksi Andromeda, dan mungkin akan berakhir sebagai sebuah galaksi elips, yang dijuluki "Milkomeda (Milky Way and Andromeda)", rumah baru bagi Bumi, Matahari dan seluruh Tata Surya dalam waktu sekitar 4 miliar tahun lagi. Dua galaksi ini sedang bergerak mendekati satu sama lain dengan laju sekitar 500.000 kilometer per jam.

Mengapa Galaksi Bertabrakan di Alam Semesta yang Mengembang?
Seperti InfoAstronomy.org lansir dari langitselatan.com, fenomena menjauhnya galaksi-galaksi karena alam semesta mengembang hanya terlihat secara mencolok pada galaksi-galaksi yang terjauh, yaitu pada galaksi-galaksi yang jaraknya paling tidak miliaran tahun cahaya dari kita, karena kecepatan menjauhnya galaksi akibat pemuaian alam semesta berbanding lurus dengan jaraknya dari kita. Semakin jauh jaraknya, semakin besar kecepatan pemuaiannya.

Sedangkan untuk kasus galaksi yang berada relatif dekat dengan kita, gerakan menjauhnya galaksi akibat pemuaian alam semesta masih kalah besar dibandingkan gerakan akibat interaksi gravitasi antara kedua galaksi yang berdekatan. Seperti sebuah pertarungan antara interaksi gravitasi  (yang menarik dua galaksi saling mendekati satu sama lainnya) dengan pemuaian alam semesta (yang mendorong mereka untuk saling menjauh).
Ketika Interaksi Dua Galaksi Berbentuk Mirip Bunga Mawar Ketika Interaksi Dua Galaksi Berbentuk Mirip Bunga Mawar Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/26/2016 03:00:00 PM Rating: 5