Lubang Koronal Raksasa Terlihat Muncul Di Permukaan Matahari

Citra Matahari yang dipotret wahana antariksa Solar Dynamics Observatory milik NASA. Kredit: NASA/SDO
Info Astronomy - Wahana antariksa Solar Dynamics Observatory (SDO) milik NASA baru-baru ini melihat sebuah lubang koronal raksasa di permukaan Matahari. Apa itu lubang koronal? Apakah berbahaya bagi Bumi?

Lubang koronal merupakan area di atmosfer Matahari dengan kepadatan rendah, yang disebut korona. Dengan begitu, membuat permukaan Matahari terlihat lebih gelap, jadi bukan berarti "lubang" dalam artian sebenarnya.

Karena mengandung sedikit material Matahari, area ini memiliki suhu yang lebih rendah dan tampak lebih gelap dibanding sekelilingnya. Lubang koronal terlihat dalam beberapa jenis sinar ultraviolet ekstrim, yang biasanya tak terlihat oleh mata kita. Karena itulah, gambar ini diberi warna oranye kekuning-kuningan agar dapat dilihat dengan mudah.

"Keberadaan lubang koronal ini sangat penting untuk memahami lingkungan sekitar Bumi yang sering dilalui oleh peralatan teknologi dan astronaut kita," tulis peneliti NASA dalam rilisnya, seperti InfoAstronomy.org lansir dari Nasional Geographic.

Selain itu, lubang koronal merupakan sumber angin partikel surya berkecepatan tinggi yang memancar sekitar tiga kali lebih cepat dibandingkan area lain di permukaan Matahari.

Meskipun belum jelas bagaimana lubang koronal terbentuk, lubang ini terkait dengan area di Matahari yang menyemburkan medan magnet ke segala arah tanpa membuatnya berbalik ke permukaan, seperti yang terjadi di tempat lain di permukaan Matahari.

Lubang koronal biasanya menyemburkan coronal mass ejection (CME) yang dapat mengarah ke Bumi dalam beberapa hari. Dan ketika tiba di Bumi, CME akan membentur magnetosfer Bumi lalu dialirkan ke kedua kutub Bumi untuk membentuk Aurora yang indah.
Lubang Koronal Raksasa Terlihat Muncul Di Permukaan Matahari Lubang Koronal Raksasa Terlihat Muncul Di Permukaan Matahari Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/15/2016 10:20:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.