Kota Suci Mekkah Dipotret Astronot dari Stasiun Luar Angkasa

Ka'bah, Kota Suci Mekah, Arab Saudi dipotret dari luar angkasa. Kredit: Scott Kelly
Info Astronomy - Inilah pemandangan kota suci Mekkah yang dipotret astronot Scott Kelly saat masih menjalani misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Nampak pada foto ini adalah Masjidil Haram, masjid di kota Mekkah yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam.

Astronaut NASA Scott Kelly dan kosmonot Rusia Mikhail Kornienko merupakan dua astronot yang telah kembali ke Bumi setelah memecahkan rekor saat melakukan misi di luar angkasa selama nyaris satu tahun. Kelly dan Kornienko sudah berada di ISS selama 340 hari, dua kali lebih lama dari astronot sebelumnya. Waktu 340 hari ini merupakan rekor terlama dalam sejarah misi luar angkasa Amerika Serikat.

Foto kota suci Mekkah ini Kelly potret dan unggah ke akun Twitter miliknya saat ISS melintas tepat di atasnya, yakni pada 23 September 2015. Selama hampir satu tahun di ISS, Kelly dan Kornienko menjalani misi percobaan untuk pengobatan dan penelitian tentang bagaimana tubuh manusia bereaksi di ruang gravitasi rendah seperti di ISS dalam waktu yang lama.

Scott Kelly dan saudara kembarnya, Mark Kelly yang merupakan mantan astronot NASA, juga berpartisipasi dalam penelitian genetik tubuhnya. Penelitian pertama tentang mencari tahu apakah sel genetik akan berpengaruh akibat lamanya di ruang angkasa atau tidak.

Misi 340 hari Kelly di luar angkasa melampaui rekor lama penerbangan antariksa Amerika Serikat sebelumnya yang berlangsung selama 215 hari, yang dicatat veteran astronot Michael Lopez-Alegria saat berada di ISS pada tahun 2007 silam.

Misi terlama atau terpanjang manusia di luar angkasa dilakukan oleh kosmonot Uni Soviet di stasiun antariksa Mir yang sekarang sudah diterjunkan kembali ke Bumi. Kosmonot itu bernama Valeri Polyakov, yang melakukan misi luar angmasa sepanjang 438 hari dari Januari 1994 sampai Maret 1995.
Kota Suci Mekkah Dipotret Astronot dari Stasiun Luar Angkasa Kota Suci Mekkah Dipotret Astronot dari Stasiun Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/22/2016 04:47:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.