Stasiun Luar Angkasa Internasional Lintasi Indonesia Malam Ini, 24 Juli 2016

Stasiun Luar Angkasa Internasional dipotret oleh astronot yang berada di dalam pesawat ulang-alik Discovery. Kredit: NASA
Info Astronomy - Malam ini, 24 Juli 2016, dan beberapa malam berikutnya, Stasiun Luar Angkasa Internasional bakal lantasi langit daerah-daerah di Indonesia. Apakah daerah Anda juga berkesempatan mengamatinya?

Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) ini memiliki beberapa panel surya yang sangat reflektif yang menyediakan listrik untuk para astronot di dalamnya dan juga membuat ISS menjadi objek paling terang ketiga di langit malam (setelah Bulan dan Venus). ISS sangat mudah dilihat dengan mata telanjang, Anda hanya perlu tahu kapan dan di mana ISS muncul. Dan malam ini adalah kesempatannya!

ISS memiliki orbit hampir melingkar dalam mengelilingi Bumi pada ketinggian sekitar 380 kilometer. Bidang orbit ISS miring sekitar 51,6 derajat dari bidang ekuator. Dalam peta Bumi, jalur orbit ISS akan terlihat mengambil bentuk gelombang sinus tunggal.

Setiap satu orbit mengelilingi Bumi, ISS membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Selama waktu itu, Bumi berputar juga. Karena gerakan relatif ini, orbit ISS akan selalu dimulai dari arah Barat Daya atau Barat Laut jika diamati dari Indonesia.

Sekitar pukul 18:32 WIB malam ini, ISS akan terlihat di seluruh Pulau Jawa. Ia akan nampak muncul dari Barat Daya menuju Timur Laut. Kenampakannya seperti bintang yang berjalan namun tidak berkerlap-kerlip dengan magnitudo -2,7 dan durasi munculnya sekitar 6,21 menit. Cukup terang dan lama untuk dilihat.

Bagi Anda yang tinggal di daerah atau pulau lain selain Jawa, silakan unduh aplikasi ISS Detector untuk gawai Anda di toko aplikasi. Alternatif lainnya, Anda bisa kunjungi situs web ini: http://iss.astroviewer.net/observation.php, jangan lupa untuk ketik nama daerah Anda di kolom Search Location yang ada di sisi kanan atas.

Setelah memasukan nama daerah Anda pada situs web di atas, nanti akan muncul informasi kapan dan di mana ISS akan nampak melintasi langit. Oh iya, bagi Anda yang memiliki teleskop dengan kemampuan untuk mengikuti gerak objek langit, Anda bisa menggunakannya untuk melihat ISS.

Enjoy!