Teleskop Antariksa Hubble Potret Sisa-sisa Ledakan Bintang

Sisa-sisa supernova DEM L316A. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Teleskop Antariksa Hubble berhasil memotret pemandangan sisa-sisa ledakan bintang yang telah lama mati. Riakan gas terionisasi yang bernama DEM L316A ini terletak pada jarak sekitar 160.000 tahun cahaya dari Bumi di galaksi satelit Awan Magellan Besar.

DEM L316A adalah salah satu contoh dari sisa-sisa ledakan bintang atau supernova yang energik dan terang, yang dikenal sebagai supernova Tipe Ia. Peristiwa supernova DEM L316A diperkirakan terjadi ketika sebuah bintang kerdil putih “mencuri” material dari bintang lain yang ada di dekatnya, sehingga menjadi tidak seimbang dan meledak hebat.

Ledakan tersebut menghasilkan energi yang spektakuler dan cahaya yang amat sangat terang. Supernova ini juga menyemburkan lapisan luar bintang ke ruang sekitarnya dengan kecepatan yang sangat cepat.

Ketika gas dari lapisan luar bintang yang meledak ini bergerak melalui materi antarbintang, ia memanas dan terionisasi, menghasilkan cahaya samar berwarna merah yang terpotret oleh instrumen Wide Field Camera 3 Hubble seperti yang bisa dilihat di atas.

Galaksi Awan Magellan Besar diketahui mengorbit galaksi Bima Sakti sebagai galaksi satelit dan merupakan galaksi terbesar keempat dalam gugus galaksi kita, Grup Lokal. DEM L316A tidak sendirian di sana, sebab Hubble juga menemukan sisa supernova lainnya tahun 2010 bernama SNR 0509 dan pada tahun 2013 bernama SNR 0519.