47 Tahun yang Lalu, Manusia Pertama Mendarat di Bulan

Astronot Buzz Aldrin yang dipotret Neil Armstrong di permukaan Bulan, 47 tahun yang lalu. Kredit: NASA
Info Astronomy - “That's one small step for a man, one giant leap for mankind.” 47 tahun lalu, 21 Juli 1969, manusia pertama mendarat di Bulan, mengawali kemajuan teknologi luar angkasa umat manusia. Berikut ini lebih dari 13.000 foto pendaratan manusia di Bulan.

Lembaga antariksa AS (NASA) telah mengumbar ribuan foto yang mengabadikan misi selusin astronot mereka yang mendarat di Bulan. Sekitar 13 ribu foto bersejarah itu ditayangkan NASA melalui akun Flickr sehingga bisa dilihat siapapun di internet.

Kebanyakan foto itu diambil antara tahun 1960 dan 1970-an ketika NASA sedang giat-giatnya mengeksplorasi bulan. Semua foto diambil oleh astronot menggunakan kamera Hasselblad bereksposur rendah yang diikatkan ke dada mereka.

Semua foto belum diproses atau diedit. Khayalak pun bisa menyaksikan bermacam adegan yang belum pernah ditunjukkan sebelumnya. Misalnya kegiatan dalam pesawat saat perjalanan ke Bulan, foto Bumi dari Bulan dan juga aktivitas astronot yang berhasil mendarat di satu-satunya satelit alami milik Bumi itu.

Ribuan foto tersebut tidak hanya dari misi Apollo 11 yang dikomandoi mendiang Neil Armstrong, melainkan mulai dari misi Apollo 7 sampai Apollo 17. Sayangnya tidak semua foto itu jelas, beberapa gambarnya sangat kabur.

Namun, NASA memutuskan merilis semuanya untuk memuaskan keingintahuan publik. "Saya pikir kehausan untuk melihat sejarah penjelajahan masih ada dari seluruh dunia," kata pemimpin proyek ini, Kipp Teague.

Pendaratan Neil Armstrong dan kawan-kawannya di Bulan 47 tahun lalu akan terus diingat dunia, sekaligus tidak dipercayai dunia. Ya, dunia ini memang selalu memiliki dua sisi. Yang pasti, Amerika Serikat telah membuktikan dirinya bahwa mereka memang negara pemenang space race, bukan urusan mereka jika banyak yang tak mempercayainya.

Lihat 13.000 foto pendaratan manusia di Bulan pada tautan ini: flickr.com/photos/projectapolloarchive/albums
47 Tahun yang Lalu, Manusia Pertama Mendarat di Bulan 47 Tahun yang Lalu, Manusia Pertama Mendarat di Bulan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/21/2016 09:14:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.