Saran pencarian

VIDEO: Satelit BRIsat Sukses Meluncur Bersama Roket Ariane 5 V230

Arianespace, perusahaan luar angkasa komersial Eropa, dengan sukses meluncurkan dua satelit untuk pertama kali dengan roket Ariane 5. Kedua satelit tersebut adalah satelit BRIsat milik Bank Rakyat Indonesia dan satelit Echostar VXIII milik Dish Network. Keduanya meluncur dari Kourou, Guyana Prancis pukul 04:40 WIB (19/6).
Roket Ariane 5 penerbangan V230 meluncur dari Guyana Prancis, 19 Juni 2016 04:40 WIB. Kredit: Arianespace.com
Info Astronomy - Arianespace, perusahaan luar angkasa komersial Eropa, dengan sukses meluncurkan dua satelit untuk pertama kali dengan roket Ariane 5. Kedua satelit tersebut adalah satelit BRIsat milik Bank Rakyat Indonesia dan satelit Echostar VXIII milik Dish Network. Keduanya meluncur dari Kourou, Guyana Prancis pukul 04:40 WIB (19/6).

Peluncuran ini seharusnya dilakukan pada 9 Juni 2016. Namun, selama persiapan untuk peluncuran roket Ariane 5 bernomor penerbangan V230, sebuah anomali mesin roket terjadi. Dengan begitu peluncuran di-delay hingga 16 Juni 2016.

Pada 16 Juni 2016, peluncuran kembali delay hingga 18 Juni 2016 akibat cuaca tidak mendukung. Dan dengan alasan yang sama, pada 18 Juni 2016 delay kembali hingga hari ini, 19 Juni 2016. Akhirnya hari ini sukses meluncur, mengantarkan kedua satelit ke orbit geostasioner. Peluncuran ini menandai rekor baru Arianespace. Rekor tersebut adalah rekor berat muatan terbesar mereka, yakni 10.730 kg, termasuk berat bersih 9.840 kg.

Satelit BRIsat

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) menjadi bank pertama di dunia yang mengoperasikan satelit setelah kesuksesan Ariane 5 meluncurkan satelit mereka, BRIsat. Satelit BRIsat merupakan satelit komunikasi pertama di dunia yang didedikasikan untuk lembaga keuangan. Satelit ini memberikan cakupan C-band dan KU-band untuk seluruh Indonesia dan Asia Tenggara.

Diposisikan di 150,5 derajat Bujur Timur pada orbit geostasioner, satelit BRIsat ini akan memungkinkan BRI untuk memberikan peningkatan komunikasi perbankan yang aman untuk lebih dari 10.600 cabang operasional, 236.939 saluran gerai elektronik, dan hampir 53 juta pelanggan di seluruh kepulauan Indonesia.

"Sebuah kehormatan dapat bekerja sama dengan bank BRI untuk membangun satelit yang akan membantu meningkatkan kehidupan di Indonesia dengan memperluas ketersediaan layanan perbankan," kata John Celli, presiden SSL, perusahaan perancang satelit BRIsat.

BRIsat memiliki fleksibilitas untuk mendukung berbagai aplikasi dan kemajuan teknologi. Satelit ini dirancang untuk menyediakan layanan selama 17 tahun atau lebih. "SSL telah menjadi mitra profesional dan handal dalam desain dan pembuatan satelit kami," kata CEO BRI Asmawi Syam Syamsuddin.

Saat ini, satelit BRIsat telah sampai di orbitnya dan bakal beroperasi mulai Agustus 2016 setelah seluruh sistem siap.

Berikut video peluncuran Ariane 5 V230 dinihari tadi (19/6):

Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.