Para Astronom Berhasil Mendengar Suara Bintang

Gugus bintang bola M4. Kredit: NASA, ESA, Hubble
Info Astronomy - Tahukah Anda bahwa bintang bisa membuat suara? Tidak, Anda tidak bisa mendengarkannya secara langsung, suara tidak dapat merambat melalui ruang vakum. Namun kita tahu, gelombang radio dan gelombang elektromagnetik dapat direkam, kemudian diubah menjadi audio, inilah yang dilakukan untuk mendengar suara bintang.

Para astronom dari University of Birmingham lah yang telah berhasil mendengarkan "musik" dari beberapa bintang tertua di galaksi Bima Sakti. Menggunakan teknik yang disebut asteroseismologi untuk mempelajari osilasi resonansi dari bintang, perubahan kecil dalam kecerahan bintang yang disebabkan energi panas, diubah menjadi energi kinetik sehingga cahaya berdenyut.

Hal ini memungkinkan para astronom tersebut untuk mempelajari tentang struktur internal dan usia bintang dengan lebih detail dan rinci, seperti seismologi terestrial mengajarkan kita tentang struktur internal Bumi.

Para astronom dari University of Birmingham ini mendeteksi osilasi akustik pada bintang-bintang gugus bintang bola M4, salah satu gugus bintang tertua di Bima Sakti, yang terbentuk sekitar 13 miliar tahun yang lalu. Sebuah makalah ilmiah yang menjelaskan temuan ini telah diterbitkan dalam Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society.

"Kami sangat senang dapat mendengarkan beberapa suasa bintang dari alam semesta awal," kata Dr. Andrea Miglio, yang memimpin penelitian. "Bintang-bintang yang telah kami pelajari benar-benar seperti sebuah fosil hidup, dan kami sekarang kami berharap untuk dapat membuka rahasia bagaimana galaksi terbentuk dan berevolusi."

Tim astronom ini telah menyiapkan infografis interaktif di mana Anda dapat mendengar suara dari bintang-bintang tersebut, klik di sini.
Para Astronom Berhasil Mendengar Suara Bintang Para Astronom Berhasil Mendengar Suara Bintang Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/08/2016 02:36:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.