NASA Rilis Trailer Untuk Wahana Antariksa Juno yang Hampir Tiba di Jupiter

Ilustrasi wahana antariksa Juno. Kredit: NASA
Info Astronomy - Wahana antariksa Juno merupakan misi terbaru Lembaga Antariksa AS (NASA) yang bakal meneliti Jupiter secara langsung dari orbitnya. Diluncurkan pada 5 Agustus 2011, kini Juno hampir sampai di Jupiter. NASA telah merilis trailer misinya, dan Juno siap untuk tiba di orbit dekat Jupiter pada 4 Juli 2016.

Juno membutuhkan 4 tahun perjalanan ke Jupiter, wahana antariksa tersebut melakukan perjalanan dengan jarak lebih dari 2,8 miliar kilometer dari Bumi ke Jupiter. Nantinya, setelah tiba di Jupiter, Juno akan mengorbit Jupiter 33 kali selama satu tahun Bumi. Dalam mengorbit tersebut, Juno akan meneliti Jupiter secara intensif.

Persiapan Juno untuk tiba di Jupiter telah dilakukan sejak bulan Agustus 2016, wahana antariksa tanpa awak ini telah melakukan penyisipan orbit untuk memperlambat kecepatannya agar memungkinkan ia memasuki orbit polar di sekitar Jupiter selama 11 hari sebelum tiba di planet terbesar se-Tata Surya tersebut.

Setelah Juno masuk ke orbit Jupiter, instrumen inframerah dan gelombang mikronya akan dihidupkan dan mulai mengukur radiasi termal yang berasal dari dalam atmosfer Jupiter. Juno tidak akan mendarat, sebab Jupiter adalah planet gas yang tidak memiliki permukaan berbatu.

Namun pada akhirnya nanti, Juno telah dijadwalkan untuk mengakhiri misinya pada Oktober 2017, setelah menyelesaikan 33 orbit mengelilingi Jupiter. Wahana antariksa ini akan didekatkan ke atmosfer atas Jupiter untuk dibakar dan dihancurkan.

Berikut trailernya:

NASA Rilis Trailer Untuk Wahana Antariksa Juno yang Hampir Tiba di Jupiter NASA Rilis Trailer Untuk Wahana Antariksa Juno yang Hampir Tiba di Jupiter Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/17/2016 09:42:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.