Wahana Antariksa Juno Telah Memasuki Tarikan Gravitasi Jupiter

Ilustrasi Juno di orbit Jupiter. Kredit: NASA
Info Astronomy - Juno merupakan misi terbaru Lembaga Antariksa AS (NASA) yang bakal meneliti Jupiter dari orbitnya. Diluncurkan pada 5 Agustus 2011, kini Juno telah meninggalkan ruang antarplanet dan telah memasuki tarikan gravitasi Jupiter. Ia siap untuk tiba di orbit Jupiter pada 4 Juli 2016.

Juno membutuhkan lima tahun perjalanan ke Jupiter, wahana antariksa tersebut melakukan perjalanan dengan jarak lebih dari 2,8 miliar kilometer. Nantinya, setelah tiba di Jupiter, Juno akan mengorbit Jupiter sekitar 33 kali selama satu tahun Bumi.

Persiapan Juno untuk tiba di Jupiter telah dilakukan sejak bulan Agustus 2016, Juno telah melakukan penyisipan orbit bakar untuk memperlambat kecepatannya agar memungkinkan penangkapan ke orbit polar di sekitar Jupiter selama 11 hari. Setelah Juno masuk ke orbit Jupiter, instrumen inframerah dan gelombang mikronya akan dihidupkan dan mulai mengukur radiasi termal yang berasal dari dalam atmosfer Jupiter.

Observasi ini akan melengkapi penelitian Jupiter sebelumnya tentang komposisinya dengan menilai kelimpahan distribusi air, dan oksigen. Dengan mengisi bagian yang hilang dari teka-teki komposisi Jupiter, data ini juga akan memberikan wawasan asal-muasal pembentukan Jupiter. Juno juga akan menyelidiki konveksi yang mendorong pola sirkulasi umum di atmosfer Jupiter.

Instrumen lainnya di Juno akan mengumpulkan data tentang medan gravitasi dan magnetosfer kutub Jupiter. Juno telah dijadwalkan untuk mengakhiri misinya pada Oktober 2017, setelah menyelesaikan 33 orbit mengelilingi Jupiter, ia akan di dekatkan ke atmosfer atas Jupiter dan terbakar.
Wahana Antariksa Juno Telah Memasuki Tarikan Gravitasi Jupiter Wahana Antariksa Juno Telah Memasuki Tarikan Gravitasi Jupiter Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/03/2016 08:16:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.