Inilah Cara Astronom Mengetahui Bentuk Galaksi Bima Sakti

Ilustrasi galaksi Bima Sakti. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Seperti yang kita tahu, Planet Bumi yang kita tinggali terletak di dalam Tata Surya, dan Tata Surya kita hanyalah satu di antara banyaknya sistem bintang lainnya dalam suatu galaksi, yang kita sebut galaksi Bima Sakti. Bagaimana bisa para astronom mengetahui atau memotret Bima Sakti padahal kita ada di dalamnya?

Sejauh ini, pada kenyataannya, para astronom memang belum mampu menerbangkan wahana antariksa berupa satelit yang dapat keluar dari galaksi Bima Sakti untuk sekedar memotret galaksi kita. Lalu, bagaimana para astronom bisa mengetahui seperti apa bentuk galaksi Bima Sakti?

Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita analogikan dengan mempelajari rumah kita sendiri. Bayangkanlah kita berada di dalam rumah yang terkunci, dan kita tidak bisa keluar untuk menyaksikan seperti apa bentuk rumah kita dari luar.

Jadi, selama berada di dalam rumah, kita tak pernah tahu seperti apa tampilan rumah kita. Namun, bukan berarti kita kemudian tidak bisa menggambarkan sama sekali rumah yang kita tinggali. Karena meski berada di dalam rumah, kita bisa mengetahui bagaimana bentuk rumah kita dengan mengamati setiap sudutnya.

Dari hal itu, kita pun mengetahui seperti apa dinding-dindingnya, di mana bagian pintunya, sebesar apa ukuran jendelanya, dan lain-lain. Karenanya, walaupun kita tidak pernah menyaksikan rumah kita secara utuh dari luar atau dari atas, kita tetap dapat menggambarkan seperti apa rumah kita. Apakah besar, bagaimana atapnya, dan lain-lain.

Hal seperti itu pula yang dilakukan para astronom dalam menggambarkan seperti apa bentuk galaksi Bima Sakti. Meski para astronom tidak (atau belum) pernah menyaksikan seperti apa galaksi Bima Sakti secara utuh, tetapi mereka dapat menggambarkannya dari Bumi yang merupakan bagian dari galaksi tersebut.

Para astronom dapat menggambarkannya dengan bagaimana bintang-bintang di Bima Sakti berkelompok, sehingga dikehaui bahwa Bumi dan Tata Surya kita ternyata berada di salah satu lengan spiral galaksi Bima Sakti yang bernama lengan Orion, berada sangat jauh dari pusat galaksi.

Selain menggambarkan Bima Sakti dari dalam, para astronom juga mengamati galaksi-galaksi tetangga lain yang dirasa mirip dengan Bima Sakti. Dan karena penelitian dan pengamatan mereka sangat intens, penggambaran itu pun akurat dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Bukan asal nyeplos.
Inilah Cara Astronom Mengetahui Bentuk Galaksi Bima Sakti Inilah Cara Astronom Mengetahui Bentuk Galaksi Bima Sakti Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/21/2016 02:22:00 PM Rating: 5