Hubble Potret Nebula Menyelubungi Bintang yang Baru Lahir

IRAS 14568-6304, bintang muda yang baru lahir. Kredit: NASA, ESA, Hubble
Info Astronomy - Sebuah bintang muda bagaikan sebuah ayam yang sedang mematuk untuk keluar dari cangkang telurnya. Bayi bintang baru lahir yang berada di dalam nebula berwarna keemasan ini dipotret oleh Teleskop Antariksa Hubble.

Nebula bercahaya dengan warna emas tersebut menyelubungi bintang muda yang dikenal sebagai IRAS 14568-6304. Bayi bintang ini sedang berusaha "mengusir" awan gas yang menyelubunginya pada kecepatan supersonik. Nantinya, bayi bintang tersebut akan menjadi bintang mandiri tanpa nebula yang menyelubunginya lagi.

Bayi bintang ini terletak pada jarak 2.280 tahun cahaya jauhnya dari Bumi, dan nebula emas tersebut membentang pada ukuran 180 tahun cahaya. Jika mata kita bisa melihat langit malam dalam cahaya inframerah, kita akan melihat nebula ini di langit membentang selebar lebih dari 70 kali diameter sudut Bulan Purnama. Nebula tersebut berisi gas yang cukup untuk membuat 250.000 bintang seperti Matahari!

IRAS 14568-6304 ditemukan menggunakan Infrared Astronomical Satellite, yang diluncurkan pada tahun 1983 sebagai proyek bersama antara AS, Inggris dan Belanda untuk membuat survei langit dan luar angkasa pertama dengan cahaya inframerah.

Citra yang dipotret oleh Teleskop Antariksa Hubble ini adalah kombinasi dari dua panjang gelombang: cahaya optik (terlihat dengan warna biru) dan inframerah (orange keemasan). Sementara awan debu gelap di latar belakang citra di atas merupakan molekul awan circinus yang begitu padat sehingga menghalangi bintang-bintang di belakangnya.
Hubble Potret Nebula Menyelubungi Bintang yang Baru Lahir Hubble Potret Nebula Menyelubungi Bintang yang Baru Lahir Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/01/2016 10:36:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.