HARI INI 2012: Ketika Venus Melintasi Wajah Matahari

Transit Venus 2012 di Jakarta, Indonesia. Kredit: Purwanto Nugroho
Info Astronomy - Tepat 4 tahun yang lalu, 6 Juni 2012, peristiwa transit Venus terjadi. Transit Venus 2012 adalah peristiwa yang sangat langka berupa planet Venus yang muncul sebagai lingkaran kecil dan gelap bergerak di permukaan Matahari. Kala itu, seluruh Indonesia dapat mengamatinya sejak pukul 06:09 - 12:50 WITA.

Selain di Indonesia, suruh transit terlihat dari barat Samudera Pasifik, sisi barat daya Amerika Utara, sebagian Eropa, Afrika bagian timur, seluruh Asia, Rusia, Australia bagian timur, Selandia Baru, dan lokasi Arctic tinggi termasuk utara Skandinavia, serta Greenland.

Di Amerika Utara, Karibia, dan barat laut Amerika Selatan, awal transit terlihat pada tanggal 5 Juni sampai Matahari terbenam. Dari Matahari terbit pada tanggal 6 Juni, akhir transit ini terlihat dari Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika timur, dan sebagian besar Eropa.

Sangat tidak berutung bagi orang-orang yang tinggal di sebagian besar Amerika Selatan maupun Afrika Barat, sebab transit Venus tidak terlihat dari wilayah-wilayah tersebut. Padahal, transit Venus menjadi peritsiwa besar pada tahun ini, ada ribuan streaming langsung di seluruh dunia. NASA bahkan meraih hampir total 2 juta views pada streaming-nya.

Di Los Angeles juga terjadi kemacetan parah di sekitaran Gunung Hollywood di mana Observatorium Griffith menyediakan banyak teleskop bagi publik untuk melihat transit. Di Hawaii, ratusan wisatawan menyaksikan acara di Pantai Waikiki di mana Universitas Hawaii menyiapkan delapan teleskop dan dua layar besar yang menampilkan webcast transit.

Sementara di Indonesia, tepatnya di Planetarium & Observatorium Jakarta, ramai didatangi masyarakat sekitar yang ingin melihat fenomena melintasnya Venus di permukaan Matahari ini. Satu persatu pengunjung melihat fenomena transit Venus melalui teleskop, ada juga yang melihat Venus dengan kacamata khusus. Mengamati transit Venus menjadi peristiwa langka dan sayang untuk dilewatkan kala itu.

Transit Venus 2012 ini merupakan yang terakhir dalam abad ini. Jadi, sayangnya, bagi Anda yang melewatkan peristiwa transit Venus tahun 2012 silam, Anda baru bisa menyaksikannya lagi pada tahun 2117. Masih sangat lama.


Siklus Transit Venus

Dikutip dari Langitselatan.com, transit Venus terjadi dengan pola yang berulang setiap 243 tahun sekali. Polanya, dua transit terjadi dengan rentang waktu 8 tahun, transit berikutnya terjadi 121,5 tahun kemudian, dan ada selang 8 tahun untuk transit berikutnya dan kemudian ada rentang waktu 105,5 tahun ke transit berikutnya. Setelah itu polanya kembali berulang.

Gambaran sederhana 1 siklus Transit Venus:
  • Dari transit A ke B butuh 8 tahun
  • Dari transit B ke C butuh 121,5 tahun
  • Dari transit C ke D butuh 8 tahun
  • Dari Transit D ke E butuh 105,5 tahun

Transit berikutnya akan mengulang selang waktu atau pola di atas. Siklus transit Venus yang mencapai 243 tahun sekali ini dikarenakan Bumi dan Venus baru akan kembali bertemu di titik yang hampir pada orbitnya masing-masing dalam rentang waktu 243 tahun Bumi. Tapi, pola 105,5 , 8 , 121,5 dan 8 tahun bukanlah satu-satunya pola yang mungkin dalam siklus 243 tahun tersebut.

Pada tahun 1518, pola transitnya justru 8, 113,5 , dan 121,5 tahun. Pola yang ada sekarang akan terus berlanjut sampai dengan tahun 2846 dan kemudian akan ada pola baru yakni 105,5 , 129,5 dan 8 tahun. Transit Venus 2012 merupakan transit terakhir dari pasangan 2004/2012 dan transit berikutnya baru akan terjadi 2117/2125. Sedangkan sebelum tahun 2004, transit terjadi pada 1874/1882.
HARI INI 2012: Ketika Venus Melintasi Wajah Matahari HARI INI 2012: Ketika Venus Melintasi Wajah Matahari Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/06/2016 06:26:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.