ESO 373-8, Galaksi Berbentuk Pipih yang Mirip Kue Serabi

Galaksi pipih ESO 373-8. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Terletak pada jarak 25 juta tahun cahaya dari Bumi, inilah galaksi spiral ESO 373-8 yang sangat pipih bagai kue serabi. Bersama dengan setidaknya tujuh tetangga galaksi lainnya, galaksi ini adalah anggota dari gugus galaksi NGC 2997.

Diamati dari sudut pandang Teleskop Antariksa Hubble di atas, kita sedang melihat sisi samping galaksi ESO 373-8 yang sangat pipih, dihiasi bintang-bintang terang yang berkilauan yang rapi dan sejajar pada bidang yang sama.

Faktanya, Hubble telah melihat begitu banyak galaksi berbentuk seperti ini, datar dan membentang seperti kue serabi atau panekuk. Tapi mari kita berhenti sejenak dan bertanya: Mengapa galaksi bisa berbentuk terentang dan bintang-bintangnya sejajar seperti ini?

Jawabannya sederhana, momentum sudut. Dalam fisika, mungkin Anda mengetahui bahwa momentum sudut secara intuitif mengukur berapa besar momentum linear yang diarahkan di sekitar suatu titik tertentu yang disebut titik pusat; momen dari momentum.

Perbedaan antara jenis galaksi diduga telah menjadi hasil dari kondisi awal. Jika banyak momentum sudut yang hadir, sebuah galaksi cakram seperti serabi bisa terbentuk. Jika awalnya ada momentum sudut kecil, semua materi menjadi bintang selama fase runtuh, sehingga galaksi berbentuk bulat panjang.

Fakta Menarik
Apapun benda yang ada diatas dan dibawah garis horizontal imajiner dari galaksi ESO 373-8 ini akan tertarik dan mengikuti arus putaran bidang datar dari galaksi tersebut.
ESO 373-8, Galaksi Berbentuk Pipih yang Mirip Kue Serabi ESO 373-8, Galaksi Berbentuk Pipih yang Mirip Kue Serabi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/24/2016 03:55:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.