Astronot Pertama Inggris Timothy Peake Bakal Pulang ke Bumi Akhir Pekan Ini

Astronot Timothy Peake di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Kredit: NASA
Info Astronomy - Sepertinya baru kemarin kita membaca kabar peluncuran astronot pertama asal Inggris, Timothy Peake, ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Tapi ternyata sudah enam bulan yang lalu sejak peluncurannya, dan akhir pekan ini Peake akan kembali pulang ke Bumi.

Tepatnya pada hari Sabtu, 18 Juni 2016, Peake yang merupakan astronot European Space Agency (ESA) akan pulang ke Bumi bersama dengan astronot NASA Timothy Kopra dan kosmonot Rusia Yuri Malenchenko pukul 12:52 WIB. Mereka pulang ke Bumi setelah 186 hari di orbit Bumi dalam ISS.

Sementara tiga kru ini pulang, maka akan ada tiga kru pengganti. Mereka adalah astronot NASA Kate Rubin, kosmonot Rusia Anatoly Ivanishin, dan astronot Jepang Takuya Onishi. Ketiganya dijadwalkan untuk meluncur ke ISS pada 6 Juli 2016 dari Kosmodrom Baikonur di Kazakstan.

Dengan pulangnya Peake, Kopra dan Malenchenko, maka ISS hanya akan dioperasikan dengan tiga kru di dalamnya, yakni astronot NASA Jeff Williams, dan dua kosmonot Rusia Oleg Skripochka dan Alexey Ovchinin sampai kru baru tiba tiga pekan selanjutnya.

Kepulangan Peake akan membawa rasa bangga bagi Inggris. Sebab ia adalah salah satu dari hanya segelintir orang Inggris yang pernah pergi ke luar angkasa, dan ia adalah orang pertama yang menjadi astronot resmi ESA. Ditambah lagi sejauh ini misinya di ISS cukup sukses, membuat Peake bakal mendapat banyak pujian ketika pulang ke Bumi nanti.

Anda dapat menonton kepulangan Peake, Kopra dan Malenchenko secara langsung melalui NASA TV, klik di sini: http://www.infoastronomy.org/nasatv

Bagaimana cara astronot pulang ke Bumi dari ISS? Tonton videonya di bawah ini:

Astronot Pertama Inggris Timothy Peake Bakal Pulang ke Bumi Akhir Pekan Ini Astronot Pertama Inggris Timothy Peake Bakal Pulang ke Bumi Akhir Pekan Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/15/2016 07:01:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.