SpaceX Bakal Luncurkan dan Daratkan Roket untuk Kelima Kalinya

Roket Falcon 9. Kredit: SpaceX
Info Astronomy - Tahun 2016 belum mencapai setengahnya, tapi perusahaan luar angkasa SpaceX asal Amerika Serikat sedang mempersiapkan peluncuran roket Falcon 9 kelimanya tahun ini. Roket ini tidak hanya meluncur, tetapi juga bakal didaratkan kembali. Sebuah inovasi yang memangkas biaya misi luar angkasa secara signifikan.

Peluncuran kelima akan dilakukan di Tanjung Canaveral, Florida, AS. Roket Falcon 9 akan mengangkut satelit telekomunikasi Thaicom-8 untuk transfer orbit geostasioner (GTO). Satelit ini adalah satelit milik operator seluler Asia Thaicom asal Thailand. Satelit akan mengirimkan sinyal data ke seluruh Thailand, Asia Tenggara, India, dan Afrika selama lebih dari 15 tahun ke depan.

Tentu saja, seperti kebanyakan peluncuran SpaceX, perhatian tidak akan kepada satelit apa yang diangkutnya, tetapi pada peluncuran dan pendaratan roket Falcon 9 yang inovatif tersebut. Jika berhasil, ini akan menjadi pendaratan ketiga yang sukses.

Peluncuran dijadwalkan pada 27 Mei 2016 pukul 22:40 WIB, dengan catatan kondisi cuaca dikatakan 90 persen aman. Jika ditunda, maka SpaceX akan memberikan waktu tunda sekitar 2 jam. Dan jika cuaca benar-benar buruk, peluncuran akan dibatalkan dan dilakukan esok hari.

Anda dapat menonton peluncuran Falcon 9 pada tautan ini: www.spacex.com/webcast
SpaceX Bakal Luncurkan dan Daratkan Roket untuk Kelima Kalinya SpaceX Bakal Luncurkan dan Daratkan Roket untuk Kelima Kalinya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/27/2016 04:27:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.