Menjelajahi Pluto dengan 'Virtual Reality'

Virtual Realty Pluto. Kredit: New York Times
Info Astronomy - Berkat New York Times dan Lunar Planetary Institute di Texas, AS, kita sekarang dapat menjelajahi Pluto lewat virtual reality. Menggunakan data yang diperoleh dari instrumen New Horizons, pengguna dapat mengeksplorasi Pluto lewat ponsel pintar, komputer maupun dalam format 3D menggunakan headset VR.

Dalam video 360 derajat berjudul "Menjelajahi Hati Pluto yang Dingin", Anda akan dibawa merasakan bagaimana sensasi ketika mendekati planet kerdil Pluto dari sudut pandang wahana antariksa New Horizons. Setelah tiba di Pluto, kita kemudian dapat menjelajahi permukaan Pluto, menikmati pemandangan 360 derajat dari pegunungan yang dingin, dataran berbentuk hati, dan bulan terbesarnya, Charon.

Ini merupakan tampilan yang paling rinci dan jelas dari Pluto. Beberapa dekade yang lalu, citra Pluto yang manusia miliki adalah hasil dari pengamatan yang dilakukan oleh Teleskop Antariksa Hubble, dan citra tersebut sama sekali tidak jelas.

Namun, dengan wahana antariksa New Horizons yang berhasil terbang lintas Pluto pada 14 Juli 2015 silam, manusia akhirnya disuguhi tampilan yang menakjubkan dari Pluto. Untuk pertama kalinya manusia dapat melihat dataran berbentuk hati yang terkenal di Pluto.

Tapi sejauh ini, baru setengah dari citra dan data yang dikirim oleh wahana antariksa New Horizons, masih ada puluhan gigabita data yang masih dalam proses unduhan oleh NASA. Para ilmuwan akan bekerja keras selama bertahun-tahun kedepan untuk menganalisis semuanya.

Jika Anda sudah tidak sabar untuk menjelajahi Pluto dalam virtual reality, aplikasi VR dapat diunduh di situs web New York Times VR, dan tersedia untuk perangkat Android dan Apple. Aplikasi ini juga dapat dilihat menggunakan headset VR seperti Google Cardboard, ponsel pintar, dan peramban komputer.
Menjelajahi Pluto dengan 'Virtual Reality' Menjelajahi Pluto dengan 'Virtual Reality' Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/27/2016 09:06:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.