Menjelajahi Nebula Pacman di Konstelasi Cassiopeia

Nebula Pacman. Kredit: Jeff Cymmer
Info Astronomy - Karakter Pacman ternyata tidak hanya ada di dalam gim besutan Namco, Pacman juga ada di luar angkasa dalam bentuk nebula. Terletak pada jarak 9.200 tahun cahaya dari Bumi, Nebula Pacman bisa ditemukan di rasi bintang Cassiopeia, bagian dari Lengan Spiral Perseus milik galaksi Bima Sakti kita.

Nebula Pacman ditemukan pada Agustus 1883 oleh EE Barnard dan sejak saat itu, nebula ini telah dicitrakan dalam berbagai metode-metode pencitraan baru dan indah seperti yang dilakukan astrofotografer Jeff Cymmer. Citra di atas adalah hasil fotonya yang memukau.

Nebula Pacman disebut juga NGC 281, sebenarnya adalah gugusan bintang yang teletak sekitar 1.000 tahun cahaya di atas bidang dari galaksi Bima Sakti. Berkat posisinya itu, kenampakan nebula ini tidak terkaburkan oleh banyak debu atau gas dalam pandangan sinar-X maupun inframerah, sehingga memudahkan para astronom untuk mengobservasinya.

Dalam cahaya tampak, sebagian material dari nebula yang tersembunyi oleh debu dan gas, membentuk gap seperti mulut Pacman yang khas. Hal ini menyebabkan NASA menjuluki NGC 281 sebagai 'Nebula Pacman'. Nebula Pacman merupakan tuan rumah bagi berbagai bintang bermassa tinggi, yang berukuran lebih dari delapan kali massa Matahari.
Menjelajahi Nebula Pacman di Konstelasi Cassiopeia Menjelajahi Nebula Pacman di Konstelasi Cassiopeia Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/17/2016 07:13:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.