Mau Kuliah di Jurusan Astronomi? Cek Seluk Beluknya Berikut Ini

Observatorium Bosscha. Kredit: Istimewa
Info Astronomy - Masuk kuliah di jurusan astronomi dan menjadi astronom mungkin jadi impian Anda. Tapi bagaimana, sih, dan seperti apa jurusan astronomi itu? Di Indonesia, jurusan astronomi hanya ada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (FMIPA ITB). Simak ulasan menariknya di bawah ini.

Apa Itu Jurusan Astronomi?

Astronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit. Astronomi itu bukan astrologi, begitupun sebaliknya, keduanya berbeda, sangat berbeda. Jurusan astronomi merupakan cabang ilmu yang melibatkan pengamatan benda langit seperti bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, dan galaksi juga merupakan ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi.

Jurusan astronomi ini juga yang mempelajari berbagai sisi dari benda langit seperti asal-usul, sifat fisika dan sifat kimia meteorologi juga gerak dan gimana benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta. For your info, astronomi itu salah satu ilmu pengetahuan tertua di dunia, lho!

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Astronomi?

Selain mempelajari tentang berbagai sisi dari benda langit seperti asal-usul, sifat fisika dan sifat kimia meteorologi juga gerak dan gimana benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta, Anda juga bakal mempelajari tentang pengetahuan fisiki pada objek di langit dan juga mempelajari struktur, sifat fisik serta evolusi alam semesta beserta isinya dan juga mempelajari tentang kosmologi yang berguna menumbuhkan kesadaran kalo jagat raya kita itu sangat luas.

Apa Saja Prospek Kerja Jurusan Astronomi?

Pasti Anda bakal berpikir, terlebih jika Anda adalah orangtua sang anak yang ingin masuk jurusan astronomi, lulusan astronomi nantinya bakal kerja sebagai apa, sih? Anda jangan berpikiran jadi astronot, yang mengalami tragedi akibat sampah antariksa yang bertebaran di orbit Bumi, karena itu hal yang beda lagi, itu salah satu adegan di film Gravity.

Sebagai seorang sarjana dan lulusan jurusan astronomi, Anda nantinya bisa bekerja sebagai astronom, tenaga peneliti dan pengembangan, Anda juga bisa jadi pendidik, dosen, tenaga di jasa dan manufaktur yang berhubungan dengan teknologi informasi, serta juga bisa jadi tenaga jurnalistik dan wirausaha. Anda bisa bekerja di kantor pemerintahan atau non-pemerintah yang bergerak di bidang astronomi.

Jurusan kuliah yang satu ini ternyata memiliki banyak peminatnya, lho. Mereka yang memilih jurusan astronomi biasanya memang karena menyukai segala macam hal berhubungan dengan bintang, planet, asteroid, komet hingga meteorid. Segala macam jurusan juga memiliki keunggulan dan keuntungannya, termasuk jurusan astronomi ini. Yuk liat apa aja sih keuntungan mempelajari jurusan ini.

Manfaat Studi di Jurusan Astronomi

Manfaat ilmu astronomi yang pertama adalah, Anda jadi bisa mengetahui pergerakan, penyebaran, dan karakteristik benda-benda langit seperti komet, asteroid, dan meteorid yang sering melintasi atmosfer Bumi kita.

Manfaat ilmu astronomi yang kedua adalah, Anda bisa belajar dan mengetahui secara langsung untuk menentukan waktu yang berpatokan pada Matahari atau Bulan. Manfaat yang ketiga adalah, Anda bisa tahu dan dapat memprediksi cuaca yang akan terjadi dan bisa berguna juga untuk pelayaran, penerbangan, dan transportasi lainnya.

Bagaimana bintang dan planet terbentuk? Bagaimana cara kerjanya? Bagaimana alam semesta dimulai? Bagaimana kehidupan bisa tumbuh dan berkembang? Apakah kehidupan ada di planet lain?  Dan masih banyak pertanyaan yang harus dicari jawabannya.

Jawaban itu bisa diperoleh dari pengamatan atau dari teori yang dibangun berdasarkan hukum-hukum fisika yang bekerja di alam semesta. Artinya, butuh pemahaman yang baik tentang matematika, fisika, kimia, biologi, sains komputasi untuk bisa menelaah lebih jauh misteri alam semesta. Di jurusan astronomi, Anda akan mempelajari ini semua.

Memilih astronomi sebagai profesi atau bidang yang digeluti saat kuliah juga tidak berarti akan ada pengamatan yang sangat rutin seperti halnya ketika menekuni hobi astronomi. Astronom di masa kini, memang masih mempelajari dan melakukan pengamatan. Tapi astronomi modern sudah mulai bergeser atau bisa dikatakan sudah bergeser terutama di negara-negara maju.

Teleskop dikendalikan dari jarak jauh dan astronom bisa menunggu hasil pengamatannya dari ruangan yang nyaman dan hangat. Ketika hasil itu datang, maka yang dilakukan adalah pengolahan dan analisa data pengamatan.

Jadi, ada banyak sekali manfaat dan keuntungan untuk Anda dari mempelajari ilmu astronomi. Nggak ada salahnya mempelajari jurusan yang berhubungan dengan ilmu astronomi walaupun jurusan ini di luar jurusan umum yang banyak diminati oleh banyak orang tapi ada keunikan dan kenyamanan tersendiri ketika belajar tentang astronomi.
Mau Kuliah di Jurusan Astronomi? Cek Seluk Beluknya Berikut Ini Mau Kuliah di Jurusan Astronomi? Cek Seluk Beluknya Berikut Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/11/2016 10:24:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.