Hubble Potret Gugus Bintang yang Penuh dengan Logam

Gugus bintang NGC 6496. Kredit: NASA, ESA, Hubble
Info Astronomy - Citra di atas merupakan sebuah gugus bintang yang berusia sekitar 10,5 miliar tahun. Dikatalogkan sebagai NGC 6496, gugus bintang ini adalah rumah bagi bintang-bintang yang memiliki unsur logam yang tinggi!

Bintang-bintang pada gugus bintang yang spektakuler ini memiliki unsur logam dengan proporsi yang jauh lebih tinggi dari bintang-bintang pada umumnya di alam semesta. Logam yang dimaksud di sini adalah unsur yang lebih berat daripada hidrogen dan helium, bukan logam berupa besi.

Sejumlah bintang yang tinggi unsur logam ini juga merupakan bintang variabel, yang berarti bahwa kecerahan mereka berfluktuasi dari waktu ke waktu. Memang perubahannya itu sulit dikenali oleh mata karena begitu kecilnya amplitudonya. Tapi berkat teknologi pengukur intensitas cahaya yang semakin baik, maka kita bisa ketahui adanya variasi kecerlangan pada beberapa bintang.

Terdapat dua kelompok besar bintang variabel, yaitu bintang variabel intrinsik dan ekstrinsik. Bintang variabel intrinsik adalah bintang yang perubahan kecerlangannya diakibatkan oleh faktor dari dalam bintang itu sendiri (perubahan pancaran energi/luminositas). Sedangkan bintang variabel ekstrinsik adalah bintang perubahan kecerlangannya bukan diakibatkan oleh perubahan luminositas, melainkan faktor dari luar bintang itu.

Gugus bintang NGC 6496 ditemukan pada tahun 1826 oleh astronom Skotlandia James Dunlop. Gugus bintang ini termasuk dalam jenis gugus bola yang berada di jarak sekitar 35.000 tahun cahaya jauhnya dari Bumi di konstelasi Scorpius.

Sementara gugus bola adalah kumpulan bintang yang berbentuk bola mengorbit inti galaksi sebagai satelit. Gugus bola sangat erat terikat oleh gravitasi, yang membuatnya berbentuk bulat dan kepadatan bintang yang relatif tinggi terhadap pusat galaksi.