Gerak Retrograde Planet Jupiter Berakhir Hari Ini, 9 Mei 2016

Jupiter (titik terang di atas) dan Venus (titik terang di tengah). Kredit: Stephen O'Meara
Info Astronomy - Malam ini, planet Jupiter akan "berhenti" bergerak terhadap bintang-bintang latar belakang sebelum melanjutkan geraknya ke arah Timur di sepanjang garis ekliptika. Dengan kata lain, gerak retrograde Jupiter berakhir hari ini, 9 Mei 2016. Apa artinya? Adakah efek negatifnya?

Sama sekali tidak berefek apapun terhadap Bumi. Planet Jupiter sendiri telah melintasi orbit antara Bumi dan Matahari tanggal 8 Maret 2016. Fenomena yang disebut oposisi Jupiter tersebut merupakan saat terbaik tahun ini untuk melihat Jupiter, karena pada saat itu Jupiter berada relatif lebih dekat dengan Bumi kita sehingga nampak terang di langit malam.

Berakhirnya gerak retrograde Jupiter hari ini berarti menandakan saat-saat terbaik untuk melihat Jupiter telah usai pula. Namun bagi Anda yang mau melihat Jupiter malam ini masih ada kesempatan. Jupiter masih sangat terang, lebih terang daripada bintang-bintang di langit malam.

Baca juga: Tiga Planet Tata Surya Bakal Terlihat Sepanjang Mei 2016

Jupiter adalah planet kelima dari Matahari, sedangkan Bumi adalah planet ketiga. Dalam istilah astronomi, Jupiter adalah planet superior, atau kadang juga disebut eksterior. Planet-planet superior adalah planet yang mengorbit Matahari lebih jauh dari orbit Bumi, dan mereka adalah Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Seperti semua planet di Tata Surya, Jupiter selalu bergerak ke arah Timur dalam orbitnya, atau berlawanan arah jarum jam dilihat dari "atas" Tata Surya. Namun, jika dilihat dari Bumi, semua planet superior nampak bergerak ke arah Barat di depan bintang latar belakang.

Setelah 9 Mei 2016 ini, Jupiter akan berpindah secara perlahan ke arah Timur di sepanjang garis ekliptika, dan beberapa bulan mendatang Jupiter akan berada di "seberang" Matahari, lalu muncul menjadi planet yang muncul saat dinihari.
Gerak Retrograde Planet Jupiter Berakhir Hari Ini, 9 Mei 2016 Gerak Retrograde Planet Jupiter Berakhir Hari Ini, 9 Mei 2016 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/09/2016 03:06:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.