26 Tahun di Luar Angkasa, Teleskop Hubble Potret Nebula Gelembung

NGC 7635, Nebula Gelembung hasil potret teleskop antariksa Hubble. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Akhir pekan ini menandai tahun ke-26 untuk Teleskop Antariksa Hubble berada di orbit Bumi di luar angkasa. Teleskop antariksa ini diluncurkan pada tanggal 24 April 1990 dengan menumpangi pesawat ulang-alik Discovery milik NASA. Untuk merayakannya, Hubble memotret salah satu nebula terindah di alam semesta.

Setiap tahun untuk memperingati hari peluncurannya, Teleskop Antariksa Hubble dikontrol untuk mengamati objek tertentu di alam semesta yang luar biasa. Tahun ini, Lembaga Antariksa AS (NASA) dan Agensi Antariksa Eropa (ESA) telah memilih Nebula Gelembung yang sangat indah.

Nebula Gelembung juga dikenal sebagai NGC 7635, terletak 8.000 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Cassiopeia. Nebula Gelembung memiliki diameter lebih dari 10 tahun cahaya, ia tercipta oleh angin bintang yang intens dilontarkan oleh bintang raksasa yang terang yang berada di dalamnya.

Bintang raksasa tersebut bernama SAO 20575, memiliki massa sekitar 10 hingga 20 massa Matahari, sebuah bintang yang sangat muda dan sangat panas. Ia memancarkan radiasi ultraviolet yang intens, yang dari waktu ke waktu telah membentuk sebuah nebula gelembung yang kita lihat sekarang.

Meskipun gelembung tersebut sangat simetris, SAO 20575 tidak terletak di dekat pusat nebula gelembung. Para astronom tidak yakin bagaimana bentuk simetris dari gelembung ini bisa bertahan begitu lama. Yang para astronom ketahui adalah, nebula gelembung ini terus berkembang didorong oleh angin bintang dengan kecepatan lebih dari 100.000 kilometer per jam.

NGC 7635 ditemukan pertama kali pada tahun 1787 oleh William Herschel--yang juga penemu planet Uranus--dan telah diamati oleh Edwin Hubble di masa lalu, tetapi tidak pernah terlihat seperti citra yang cantik seperti di atas artikel ini.

Citra nebula gelembung di atas merupakan sebuah mosaik gabungan dari empat citra yang berbeda yang diambil menggunakan instrumen Wide Field Camera Hubble 3. Kombinasi ini memberikan kita pemandangan resolusi tertinggi dari nebula gelembung yang belum pernah diamati sebelumnya.