Roket Blue Origin Berhasil Meluncur dan Kembali Mendarat Secara Vertikal

Roket ketiga Blue Origin yang berhasil meluncur dan mendarat kembali pada Sabtu, 2 April 2016. Kredit: Blue Origin
Info Astronomy - Perusahaan luar angkasa Blue Origin asal Amerika Serikat baru saja berhasil menyelesaikan peluncuran ketiga serta mendarat secara vertikal dengan aman. Blue Origin menggunakan roket andalannya bernama New Shepard, peluncuran dan pendaratan kembali itu dilakukan pada Sabtu, 2 April 2016.

"Flawless BE-3 aktif secara sempurna," kicau Jeff Bezos, pendiri Blue Origin. Flawless BE-3 atau disebut BE-3 saja merupakan mesin yang digunakan roket New Shepard agar dapat mendarat kembali secara vertikal setelah meluncur di lokasi pengujian khusus milik Blue Origin di Texas, AS.

Terobosan oleh Blue Origin dan upaya serupa oleh rivalnya, SpaceX milik Elon Musk membuka potensi besar dalam memangkas biaya untuk perjalanan luar angkasa dan membuat roket yang dapat digunakan kembali sebagai "pesawat terbang" ke luar angkasa di masa mendatang.

Bezos menyebut misi Blue Origin dan juga SpaceX memang membuka pintu untuk menurunkan biaya dalam perjalanan luar angkasa yang saat ini masih amat sangat luar biasa mahal. Dan Bezos, seperti dilansir dari Phys.org, mengaku memiliki misi khusus untuk menempatkan manusia tinggal dan bekerja di luar angkasa untuk perusahaannya, Blue Origin.

Roket New Shepard dapat mencapai ketinggian hingga 100 kilometer di atas permukaan Bumi, yang dianggap sebagai batas antara atmosfer Bumi dengan luar angkasa.
Roket Blue Origin Berhasil Meluncur dan Kembali Mendarat Secara Vertikal Roket Blue Origin Berhasil Meluncur dan Kembali Mendarat Secara Vertikal Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/03/2016 05:26:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.