Planet Kerdil Makemake Ternyata Memiliki Satelit Alami!

Ilustrasi. Kredit: NASA, ESA, SwRI
Info Astronomy - Para astronom menggunakan Teleskop Antariksa Hubble berhasil menemukan menemukan sebuah bulan atau satelit alami kecil yang gelap yang mengitari planet kerdil Makemake, saudara Pluto di Tata Surya yang juga berada di daerah Sabuk Kuiper.

Ini adalah satelit alami pertama yang ditemukan mengitari Makemake. Sama seperti Pluto, Makemake merupakan planet kerdil, ia memiliki diameter sekitar 1.400 kilometer di ekuatornya. Planet kerdil Makemake ditemukan pada tahun 2005. Ia juga merupakan obyek paling terang kedua di Sabuk Kuiper setelah Pluto.

Satelit alami yang baru ditemukan mengitari planet kerdil ini terlihat pada citra Hubble pada April tahun lalu yang dipotret menggunakan instrumen Wide Field Camera 3. Menurut siaran pers NASA, satelit alami tersebut 1.300 kali lebih redup daripada Makemake. Penemuan ini telah diumumkan dalam Minor Planet Electronic Circular.

Setelah berhasil diidentifikasi, satelit alami yang mengitari Makemake tersebut diberi nama MK 2, diperkirakan diperkirakan memiliki diameter sekitar 170 km. Sementara itu, MK 2 berada pada jarak sekitar 21.000 km dari Makemake. Untuk perbandingan, Bulan kita berada pada jarak sekitar 360.000 km dari Bumi.

Para astronom saat ini akan mencoba untuk mempelajari lebih lanjut tentang orbit MK 2 terhadap Makemake sehingga mereka dapat menghitung massa untuk sistem Makemake ini dan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana satelit alami MK 2 terbentuk.

Perkiraan awal menunjukkan bahwa, jika MK 2 berada dalam orbit lingkaran mengelilingi Makemake, ia hanya butuh 12 hari atau lebih untuk sekali mengorbit Makemake. Dan berikut citra Makemake dan MK 2 (ditunjuk panah) yang dipotret oleh Hubble:
Makemake dan MK 2. Kredit: NASA, ESA, A. Parker (SwRI)
Planet Kerdil Makemake Ternyata Memiliki Satelit Alami! Planet Kerdil Makemake Ternyata Memiliki Satelit Alami! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/27/2016 08:16:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.