Mithrim Montes, Pegunungan Tertinggi di Titan

Titan, satelit alami terbesar milik Saturnus. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Titan adalah satelit alami paling menarik milik Saturnus. Tidak seperti 62 satelit milik sang planet bercincin lainnya, Titan bukan hanya benda langit berbatu yang terperangkap gravitasi yang sangat besar dari Saturnus, juga bukan sebuah bola es. Titan adalah dunia yang berlumpur, dengan lautan dan danau metana.

Menariknya Titan membuat lembaga-lembaga antariksa dunia berlomba-lomba mempelajarinya, yang paling terdepan tidak lain dan tidak bukan adalah Lembaga Antariksa AS (NASA). Mereka berpikir, Titan dapat menjadi hunian kedua manusia selain Bumi (dan Mars) di masa depan.

NASA telah lama mengirim wahana antariksa Cassini ke sistem Saturnus. Cassini sejauh ini masih aktif mengirimkan data-data ilmiah dan citra-citra radar terbaru ke Bumi. Dan pada pertemukan tahunan ke-47 Lunar and Planetary Science Conference di Texas, AS, NASA mengungkapkan bahwa Cassini melihat ada sebuah pegunungan tertinggi di Titan.
Mithrim Montes, pegunungan tertinggi di Titan. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Pegunungan tersebut diberi nama Mithrim Montes, dan ya, Anda yang sudah membaca novel Lord of the Rings mungkin tak asing dengan namanya. Nama tersebut memang diambil dari novel LOTR. Mithrim Montes memiliki ketinggian sekitar 3.337 meter, dan NASA telah mengkonfirmasi bahwa ini merupakan pegunungan tertinggi Titan.

Meskipun Titan memiliki atmosfer yang jauh lebih tebal dari Bumi, instrumen radar Cassini masih mampu "mengintip" ke permukaan Titan dan memotret Mirthim Montes dari orbit yang sangat mengesankan seperti pada citra kedua di atas.

Tujuan utama dari instrumen radar Cassini sebenarnya adalah untuk meneliti permukaan satelit alami terbesar milik Saturnus tersebut yang menunjukkan aktivitas geologis, termasuk memotret pegunungan. NASA menemukan fakta bahwa sebagian besar gunung-gunung tinggi di Titan cenderung berada di sepanjang wilayah ekuator, menunjukkan bahwa wilayah ekuator cukup aktif secara geologis.
Mithrim Montes, Pegunungan Tertinggi di Titan Mithrim Montes, Pegunungan Tertinggi di Titan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/04/2016 03:35:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.