Matahari Telah Mencuri Planet Kesembilan dari Sistem Bintang Lain?

Planet Kesembilan alias Planet IX adalah planet yang sejauh ini masih merupakan hipotesis di Tata Surya kita. Keberadaannya diukur awal tahun ini oleh ilmuwan yang menurunkan pangkat Pluto dari "planet" ke "planet kerdil." Tapi bagaimana jika Planet Kesembilan awalnya bukan bagian dari Tata Surya kita? Penelitian terbaru menunjukan bahwa mungkin Matahari mencurinya.
Ilustrasi planet kesembilan. Kredit: Caltech/R. Hurt (IPAC)
Info Astronomy - Planet Kesembilan alias Planet IX adalah planet yang sejauh ini masih merupakan hipotesis di Tata Surya kita. Keberadaannya diukur awal tahun ini oleh ilmuwan yang menurunkan pangkat Pluto dari "planet" ke "planet kerdil." Tapi bagaimana jika Planet Kesembilan awalnya bukan bagian dari Tata Surya kita? Penelitian terbaru menunjukan bahwa mungkin Matahari mencurinya.

Sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh Alexander Mustill dari Lund Observatory di Swedia mengusulkan bahwa Planet Kesembilan mungkin merupakan sebuah planet ekstrasurya (planet di luar Tata Surya kita) yang ditangkap oleh gravitasi Matahari ketika melewati bintang lain dalam garis edarnya mengelilingi pusat galaksi.

Dalam makalah penelitian Mustill dan rekan-rekannya yang tersedia di arXiv, mereka mengakui bahwa kemungkinan Matahari mencuri Planet Kesembilan dari sistem bintang lain cukup rendah, yakni 0,1 hingga 2 persen, tetapi mereka pikir kemungkinan itu cukup signifikan untuk menjamin perhatian lebih lanjut.

Bukti untuk teori ini berasal dari simulasi yang dijalankan oleh Mustill dan rekan-rekannya tentang bagaimana Matahari telah berinteraksi dengan bintang lainnya. Matahari kita dianggap telah lahir di gugus bintang yang berisi ribuan bintang lain, sehingga mungkin saja pencurian ini benar adanya.

Tercatat dalam makalah penelitian tersebut, dalam mencuri Planet Kesembilan dari sistem bintang lain, Matahari melewati bintang lain tersebut pada jarak lebih dari 150 SA (Satuan Astronomi, 1 SA adalah jarak Bumi-Matahari; 150 juta km) untuk menghindari gangguan wilayah komet di tepi Tata Surya kita yang dikenal sebagai Sabuk Kuiper.

Jika mekanisme di atas ini terpenuhi, maka peluang kejadian penangkapan Planet Kesembilan oleh gravitasi Matahari diperkirakan 50 persen benar oleh para ilmuwan.

Tentu saja sangat banyak spekulasi untuk saat ini. Teori asli yang diusulkan oleh Michael Brown dan Konstantin Batygin adalah bahwa Planet Kesembilan merupakan planet raksasa gas seukuran Neptunus yang ditendang ke wilayah luar Tata Surya oleh Jupiter. Bukti keberadaan Planet Kesembilan berasal dari orbit eksentrik obyek di Sabuk Kuiper, yang merupakan efek gravitasi Planet Kesembilan.

Sementara para astronom belum memiliki bukti langsung untuk keberadaan Planet Kesmbilan, mereka telah mulai mempersempit di mana kemungkinan letak Planet Kesembilan saat ini. Dan bukti terbaru ini akan menambah misteri yang berkembang saat ini.

Mustill dan rekan-rekannya mencatat bahwa teori mereka bisa dikonfirmasi dengan mempelajari orbit yang jauh pada obyek-obyek trans-Neptunus. Dan untuk saat ini, misteri keberadaan Planet Kesembilan terus berlanjut.