Komet 252P/LINEAR Masih Nampak di Langit Indonesia

Telah melewati jarak terdekatnya dengan Bumi pada 21 Maret 2016, komet 252P/LINEAR saat ini masih nampak di langit Indonesia. Walau begitu, magnitudonya sudah sangat besar, sehingga terlihat redup untuk diamati dengan mata telanjang.
Komet 252P/LINEAR (warna hijau di tengah gambar). Kredit: Martin Marthadinata
Info Astronomy - Walaupun telah melewati jarak terdekatnya dengan Bumi pada 21 Maret 2016, komet 252P/LINEAR saat ini masih nampak di langit Indonesia. Walau begitu, magnitudonya sudah sangat besar, sehingga terlihat redup untuk diamati dengan mata telanjang.

Komet 252P/LINEAR merupakan komet periodik dan obyek dekat Bumi yang ditemukan oleh survei LINEAR pada 7 April 2000. Komet ini masuk kategori keluarga komet Bumi-Jupiter, yang berarti bahwa jalur orbit komet ini lewat cukup dekat dengan orbit Bumi dan Jupiter.

Komet ini masuk ke wilayah dekat Bumi disebabkan oleh Jupiter pada tahun 1785. Sebelumnya, komet 252/LINEAR sempat melintas cukup dekat dengan Mars antara tahun 1774-1785 dan juga melintasi Sabuk Asteroid pada tahun 1607-1774. Namun gravitasi Jupiter mengganggu orbitnya.

Saat ini, sang komet berada di rasi bintang Ophiuchus di langit malam. Citra di atas dipotret di daerah Cangar, Jawa Timur pada 7 April 2016 oleh astrofotografer Martin Marthadinata. Letak komet saat itu adalah di deklinasi -02°46'11" dan memiliki magnitudo semu +10,4. Sangat redup untuk dilihat dengan mata.

Bagi Anda yang ingin memotret komet 252P/LINEAR, mulailah ke luar rumah menjelang tengah malam dan cari wilayah yang benar-benar gelap, berlangit cerah dan bebas dari polusi udara maupun polusi cahaya. Berikut data ephemeris komet 252P/LINEAR untuk 10 hari ke depan di langit Indonesia:
Data ephemeris 252P/LINEAR. Kredit: In-the-sky.org
Untuk melacak keberadaan komet 252P/LINEAR, klik di sini: theskylive.com/252p-tracker