Jupiter Menjadi Planet Paling Terang di Langit Malam April 2016

Planet Jupiter di langit Bekasi, Indonesia. Kredit & Hak Cipta: Sirius Celestia
Info Astronomy - Meskipun sudah hampir satu bulan sejak oposisinya pada 8 Maret 2016 yang lalu, selama April 2016 ini planet Jupiter masih berada di posisi terbaik untuk diobservasi. Dengan mata telanjang, planet termasif di Tata Surya ini muncul bagai 'bintang' paling terang di langit Timur saat Matahari terbenam di seluruh Indonesia.

Jika Anda ragu-ragu mana yang merupakan kenampakan planet Jupiter di langit, Anda dapat memanfaatkan Bulan sebagai pemandu untuk menemukannya. Jupiter dan Bulan akan saling berdekatan pada hari Minggu 17 April 2016. Anda butuh teleskop untuk melihat Jupiter lebih besar seperti pada gambar di atas.

Dan beruntunglah bagi Anda jika memiliki teleskop dengan aperture minimal 3 inchi (7,6 cm) atau lebih besar yang mampu melakukan perbesaran 100x atau lebih. Dengan teleskop tersebut, Anda tak hanya akan melihat Jupiter, namun juga dapat melihat satelit-satelit alami terbesar milik Jupiter, yakni Io, Europa, Ganymede dan Callisto.

Menggunakan teleskop 3 inchi tersebut juga memungkinkan Anda melihat Great Red Spot atau Bintik Merah Raksasa alias badai abadi. Badai tersebut berukuran 3 kali diameter Bumi dan muncul di wilayah belahan selatan Jupiter. Bintik Merah Raksasa ini telah teramati selama sekitar 400 tahun terakhir.

Meskipun saat ini berukuran agak lebih kecil dibandingkan tahun-tahun terakhir, Bintik Merah Raksasa masih terlihat cukup jelas dengan rona kemerahan yang mencolok dari atmosfer Jupiter yang kecoklatan, sehingga cukup mudah dilihat dengan teleskop kecil (tapi jelas lebih baik diamati dengan teleskop 3 inchi).

Planet Jupiter akan mulai terlihat pukul 18:30 waktu setempat daerah Anda, saat itu ia berada di ketinggian 40 derajat dari cakrawala Timur. Planet Jupiter akan mencapai titik tertinggi di langit sekitar pukul 22:00 waktu setempat. Dan akan hilang tenggelam di ufuk Barat pukul 03:30 dinihari waktu setempat. Jupiter akan terlihat di seluruh Indonesia selama langit cerah.
Jupiter Menjadi Planet Paling Terang di Langit Malam April 2016 Jupiter Menjadi Planet Paling Terang di Langit Malam April 2016 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/04/2016 05:56:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.