Hubble Potret Gugus Bintang Berkilauan di Awan Magellan Kecil

NGC 339. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Sebuah citra yang dipotret oleh Teleskop Antariksa Hubble milik NASA dan ESA (European Space Agency) ini menampilkan keindahan dari gugus bintang NGC 339, sebuah gugus bintang bola usia menengah dengan ukuran yang besar dan berada di konstelasi selatan Tucana, tepatnya di galaksi satelit Awan Magellan Kecil.

Ya, NGC 339 bukan bagian dari Bima Sakti, melainkan Awan Magellan Kecil (Small Magellanic Cloud/SMC), sebuah galaksi kerdil yang terletak sekitar 200.000 tahun cahaya dari Bumi kita. SMC merupakan satelit galaksi kita, Bima Sakti. Ia juga merupakan galaksi terdekat kedua dari Bima Sakti setelah Awan Magellan Besar (Large Magellanic Cloud).

Dengan mengukur kecerahan dan warna dari bintang-bintang di gugus NGC 339, para astronom dapat memperkirakan umur keseluruhan bintang pada gugus bintang ini. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa NGC 339 memiliki usia sekitar 6,5 miliar tahun.

Dalam gambar yang sangat rinci ini, Anda mungkin dapat melihat sejumlah galaksi. Galaksi-galaksi tersebut muncul sebagai kabut kecil, gumpalan panjang, sangat kontras dengan bintang-bintang yang "tajam". Percaya atau tidak, galaksi-galaksi tersebut berada jauuuuuuuuuuh di belakang gugus bintang ini, alias bukan bagian dari gugus bintang NGC 339.

Yang menarik adalah, NGC 339 terletak secara visual dan fisik di Awan Magellan Kecil, namun berjarak sekitar ±10.000 sampai dengan 12.000 tahun cahaya lebih dekat ke Bumi dibanding jarak SMC. Gugus bintang NGC 339 ini ditemukan oleh astronom John Herschel pada 18 September 1835. Teleskop Antariksa Hubble pertama kali mengamatinya pada tahun 2005.
Hubble Potret Gugus Bintang Berkilauan di Awan Magellan Kecil Hubble Potret Gugus Bintang Berkilauan di Awan Magellan Kecil Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/26/2016 02:44:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.