Hotel Luar Angkasa Bakal Mengangkasa Tahun 2020

Ilustrasi hotel luar angkasa. Kredit: Bigelow Aerospace
Info Astronomy - Kalimat "space hotel" mungkin memunculkan kenangan pada film fiksi ilmiah masa lalu seperti "2001:. A Space Odyssey". Namun, Bigelow Aeropace dan United Launch Alliance (ULA) siap mewujudkan sebuah hotel yang bakal dibuka dan beroperasi di luar angkasa secara komersial.

Bigelow Aerospace dan ULA telah mengumumkan proposal untuk meluncurkan tempat tinggal pribadi di luar angkasa yang memiliki fasilitas lengkap mulai tahun 2020. Disebut B330, modul hotel ini akan berukuran 330 meter kubik, dan akan digunakan untuk penelitian gravitasi nol termasuk misi ilmiah dan proses manufaktur.

Mereka akan menggunakan teknologi modul tiup yang saat ini telah dipasang oleh Bigelow Aerospace sebagai modul tambahan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang bernama Expandable Bigelow Advanced Station Enhancement (XBASE).

Nantinya, selain B330 akan menjadi keperluan industri dan ilmiah, Bigelow Aerospace mengatakan hotel luar angkasa ini juga memiliki potensi sebagai tujuan wisata dan rekreasi antariksa, juga untuk misi mengirim manusia ke Bulan maupun planet Mars.

Bigelow Aerospace dan ULA memiliki mimpi untuk meluncurkan beberapa B330 dan menggabungkan seluruhnya di orbit, menciptakan sebuah stasiun luar angkasa swasta yang baru dan terbuka bagi perusahaan maupun turis antariksa untuk mengunjunginya.

Rencana untuk tahun 2020 adalah, ULA akan meluncurkan satu modul pertama dari B330 dentgan roket Atlas V, meskipun ada dua modul B330 yang telah siap saat itu. Tapi jelas ini hanya awal. Jika banyak pelanggan Bumi bersedia untuk menginap di hotel luar angkasa, Bigelow Aerospace dan ULA mungkin akan benar-benar membuat stasiun luar angkasa tandingan ISS.
Hotel Luar Angkasa Bakal Mengangkasa Tahun 2020 Hotel Luar Angkasa Bakal Mengangkasa Tahun 2020 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/17/2016 07:58:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.