Bulan Astronomi Global Dimulai pada 1 April 2016 Ini

Seperti tahun-tahun sebelumnya sejak tahun 2010, bulan April telah dicanangkan sebagai Bulan Astronomi Internasional (Global Astronomi Month atau disingkat GAM) oleh komunitas astronomi internasional yang bernama Astronomy Without Borders (AWB). April didedikasikan sebagai bulan untuk menyebarluaskan astronomi kepada masyarakat luas.
Logo Bulan Astronomi Global. Kredit: Astronomers Without Borders
Info Astronomy - Seperti tahun-tahun sebelumnya sejak tahun 2010, bulan April telah dicanangkan sebagai Bulan Astronomi Global (Global Astronomi Month atau disingkat GAM) oleh komunitas astronomi internasional yang bernama Astronomers Without Borders (AWB). April didedikasikan sebagai bulan untuk menyebarluaskan astronomi kepada masyarakat luas.

Dalam kegiatannya, AWB menginginkan agar warga dunia sadar atas posisinya di alam semesta dengan menikmati langit. Slogan mereka, One People One Sky, menunjukkan bahwa langit adalah milik semua orang. Bukan milik para astronom yang meneropongnya dengan berbagai peralatan canggih atau berhitung untuk memecah kerumitan dan kegelapan masa lalu alam semesta kita saja.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang program GAM 2016 pada website resmi AWB di sini: gam-awb.org

Website di atas merupakan pusat informasi dari semua kegiatan GAM 2016, ada pula galeri, artikel, dan konten terbaru yang terus diperbarui. Peserta GAM akan menambahkan laporan dan foto mereka terkait acara GAM lokal di daerahnya masing-masing di seluruh dunia.

Ada banyak kegiatan pada GAM 2016, di antaranya AstroPoetry Contest, Kontes Foto Bumi dan Langit Internasional 2016, Globe at Night, Kampanye Pendeteksian Asteroid oleh IASC, Lunar ExplorationsOnline Messier Marathon, Pekan Malam Gelap Internasional 2016, hingga pengamatan Transit Merkurius.

Semoga kegiatan ini membuka mata masyarakat terhadap indahnya langit dan mendorong mereka untuk mengurangi polusi cahaya. Karena langit adalah milik semua orang, jangan sampai polusi cahaya yang kita buat menghalangi orang lain menikmati keindahannya.