Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Angin Tornado Aneh Terpotret Robot Penjelajah Opportunity di Permukaan Mars

Ketika sedang berada di atas bukit pada permukaan Mars, robot penjelajah Opportunity milik NASA berhasil memotret adanya tornado debu yang muncul di atas sebuah lembah. Pemandangan ini menghadap ke Utara, ke wilayah lereng perbukitan bernama Knudsen Ridge.
Angin tornado aneh di atas sebuah lembah pada permukaan Planet Mars. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Ketika sedang berada di atas bukit pada permukaan Mars, robot penjelajah Opportunity milik NASA berhasil memotret adanya tornado debu yang muncul di atas sebuah lembah. Pemandangan ini menghadap ke Utara, ke wilayah lereng perbukitan bernama Knudsen Ridge.

Robot penjelajah Opportunity--kakak dari robot penjalah Curiosity--yang berhasil mendarat di dataran bernama Meridiani Planum di planet Mars tahun 2004 mengambil gambar angin tornado ini menggunakan kamera navigasi (Navcam) pada tanggal 31 Maret 2016, pada hari (atau sol) ke 4.332 pascapendaratannya.

Tornado debu yang dijuluki sebagai 'dust devil' ini merupakan pemandangan umum bagi robot penjalajah Opportunity dan saudara kembarnya yang mendarat berbarengan, robot penjelajah Spirit, di sekitar Kawah Gusev.

“Ini adalah salah satu penampakan angin tornado debu terbaik di wilayah Meridiani Planun. Kami sangat beruntung berhasil menangkap gambar ini,” kata Ray Arvidson, pimpinan proyek ini dari Jet Propulsion Laboratory NASA, di Pasadena, California, AS.

Para ilmuwan telah mengetahui keberadaan dust devil di Mars sejak beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2012, wahana pengorbit Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA juga berhasil menangkap pemandangan dust devil yang memiliki ketinggian hingga 19 kilometer dari orbit Planet Merah.

Tidak ada perbedaan yang besar antara fenomena dust devil yang terjadi di Mars dengan yang terjadi di Bumi. Perbedaannya yang paling mencolok mungkin hanya dari ketebalan debunya saja.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.