Tiga Antariksawan Berhasil Pulang ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional

Kredit: Roscosmos
Info Astronomy - Astronot NASA Scott Kelly bersama dua kosmonot Rusia Mikhail Kornienko dan Sergey Volkov telah berhasil tiba di Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pukul 11:25 WIB dengan menumpangi kapsul Soyuz TMA-18M yang mendarat di Zhezkazgan, Kazakstan.

Mereka menghabiskan lebih dari dua jam perjalanan pulang setelah undock dari ISS pada pukul 08:02 WIB pagi tadi. Mereka juga telah melewati fase deorbit selama 4 menit 49 detik pada pukul 10:32 WIB.

Ketiga antariksawan yang baru pulang ini, dua di antaranya telah menghabiskan 340 hari di ISS, yakni Scott Kelly dan Mikhail Kornienko. Namun, ketiganya akan langsung ikut tes dan pemulihan massa otot segera setelah mereka mendarat ini.

Scott Kelly akan melakukan tes fungsional otot dan tulang di Johnson Space Center NASA, tes ini juga akan meneliti bagaimana respon tubuh manusia setelah tinggal di gravitasi mikro untuk waktu yang lama. Sementara Mikhail Kornienko dan Sergey Volkov akan menuju Moskow, Rusia untuk tes yang hampir sama.

Memahami bagaimana pemulihan seorang astronot setelah menjalani misi luar angkasa yang sangat lama ini adalah bagian penting dalam perencanaan untuk misi ke luar angkasa berikutnya: Planet Mars.

Sementara itu, kepulangan Scott Kelly dan dua kosmonot Rusia ini menyisakan anggota misi Ekspedisi 47, yakni Komandan Timothy Kopra dari NASA, Yuri Malenchenko dari Roscosmos (Rusia), dan Timothy Peake dari ESA (European Space Agency). Mereka akan melanjutkan penelitian dan pemeliharaan ISS hingga tiga astronot baru akan meluncur pada 18 Maret 2016, yakni astronot NASA Jeff Williams dan dua kosmonot Rusia Oleg Skriprochka dan Alexey Ovchinin.

Welcome home, astronauts!