Telah Ditemukan Sebuah Jenis Baru dari Galaksi, Spiral Super

Sebuah galaksi "spiral super" dipotret oleh Sloan Digital Sky Survey. Kredit: SDSS
Info Astronomy - Sebuah kelas atau jenis baru dari galaksi berhasil ditemukan para astronom, yakni galaksi "spiral super", sebuah jenis galaksi spiral namun berukuran luar biasa besar dan tak biasa. Galaksi-galaksi jenis ini bersembunyi di belakang galaksi-galaksi spiral biasa, dan kita baru menemukannya saat ini sejak bertahun-tahun teknologi luar angkasa berkembang.

Para astronom dari California Institute of Technology menemukan jenis galaksi baru ini menggunakan data arsip pengamatan mereka. Para astronom tersebut menyebutnya "galaksi spiral superterang." Menurut data arsip tersebut, galaksi spiral super ini dapat memiliki hingga 10 kali massa galaksi Bima Sakti dan delapan sampai 14 kali lebih terang dari galaksi kita.

Hasil penemuan dan penelitian ini telah tersedia secara online dalam The Astrophysical Journal, menunjukkan bahwa benda-benda ini tidak hanya memiliki massa yang berat dan sangat terang, tetapi juga berukuran sangat besar.
Galaksi "sprial super" lainnya yang dipotret oleh Sloan Digital Sky Survey. Kredit: SDSS
Sebagai perbandingan, diameter galaksi Bima Sakti adalah sekitar 100.000 tahun cahaya, sedangkan galaksi spiral super ini berukuran lebih dari 400.000 tahun cahaya, 1 tahun cahaya sama dengan 9.400.000.000.000 kilometer. Galaksi spiral super ini juga jauh lebih aktif, mereka dapat memproduksi bintang yang memiliki massa hingga 65 kali massa Matahari.

Penemuan galaksi spiral super ini menggunakan arsip dari pusat data NASA/IPAC Extragalactic Database (NED), sebuah pusat data online yang berisi lebih dari 100 juta galaksi. Tim astronom melihat sampel kecil dari galaksi terdekat yang sangat terang, mereka berhasil menemukan 1.616 galaksi, lalu mengeleompokan 53 di antaranya sebagai galaksi spiral super.

Penemuan ini penting dalam memperluas pemahaman kita tentang evolusi galaksi, dan bagaimana galaksi terbesar dan paling terang di alam semesta bisa terbentuk. Selanjutnya, para astronom ini akan melakukan pencitraan langsung dari galaksi-galaksi spiral super tersebut menggunakan Teleskop Antariksa Hubble.
Telah Ditemukan Sebuah Jenis Baru dari Galaksi, Spiral Super Telah Ditemukan Sebuah Jenis Baru dari Galaksi, Spiral Super Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/21/2016 12:19:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.