Sabtu (19/3) Dinihari, Tiga Astronot Baru akan Meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional

Kru Ekspedisi 48, dari kiri ke kanan: Jeff William (AS), Oleg Skripochka dan Alexei Ovchinin (Rusia). Kredit: NASA
Info Astronomy - Setelah kepulangan Scott Kelly dan dua kosmonot Rusia pada 1 Maret 2016, tiga antariksawan baru akan diluncurkan kembali ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Mereka adalah astronot NASA Jeff Williams, kosmonot Alexey Ovchinin dan Oleg Skripochka dari Lembaga Antariksa Rusia (Roscosmos).

Roket Soyuz yang akan membawa tiga antariksawan baru ini ke ISS telah menjulang tinggi ke langit sejak Kamis malam waktu setempat, ketiga antariksawan ini siap untuk diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan.

Angin kencang di Kosmodrom Baikonur sempat menunda peluncuran roket Soyuz TMA-20M, namun saat ini waktu peluncuran telah dijadwalkan kembali, ketiganya akan meluncur pukul 05:26 WIB Sabtu, 19 Maret 2016. Kru Ekspedisi 48 ini akan tiba di rumah baru mereka di orbit rendah Bumi kurang dari enam jam setelah peluncuran tersebut.
Soyuz TMA-20M yang telah menjulang di Kosmodrom Baikonur. Kredit: NASA
Setelah menghabiskan kurang lebih enam jam perjalanan ke ISS setelah peluncuran, mereka akan berlabuh (docking) ke modul Poisk di ISS pada pukul 10:12 WIB di hari yang sama.

Kapsul antariksa Soyuz akan menyesuaikan tekanan udara dengan ISS dalam beberapa jam setelah docking, setelahnya ketiga antariksawan ini baru boleh masuk ke ISS pada pukul 11:55 WIB. Mereka akan disambut oleh Komandan Ekspedisi 47 Timothy Kopra dari NASA dan Insinyur Penerbangan Yuri Malenchenko dari Roscosmos serta Timothy Peake dari ESA (European Space Agency).

Total setelah tiga antariksawan ini tiba di ISS adalah, akan ada enam awak sekaligus di dalam ISS. Mereka berenam akan melanjutkan beberapa percobaan dalam bidang biologi, bioteknologi, ilmu fisika dan ilmu Bumi.

Williams, Ovchinin dan Skripochka dijadwalkan untuk menghabiskan enam bulan kedepan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, dengan begitu mereka akan kembali ke Bumi pada awal September 2016 mendatang.

Anda dapat menonton peluncuran tiga antariksawan ini pada Sabtu, 19 Maret 2016 mulai pukul 03:30 WIB dinihari di NASA TV: infoastronomy.org/nasatv