Para Astronom Temukan Struktur Raksasa Selebar 1,3 Miliar Tahun Cahaya!

Gugus galaksi Abell 1689. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Galaksi-galaksi di alam semesta "menyatu" membentuk gugus galaksi, gugus-gugus galaksi "menyatu" membentuk supergugus galaksi. Pada skala terbesar alam semesta, kita melihat hampir seluruh galaksi terlihat sama di mana-mana, tetapi jika melihat lebih dekat kita dapat melihat struktur yang aneh dan unik.

Salah satunya adalah yang baru ditemukan, BOSS Great Wall. Struktur ini terdiri dari 830 galaksi dan memiliki massa 280 juta miliar kali massa Matahari. "Dinding kosmik" ini terletak sekitar 5 miliar tahun cahaya dari Bima Sakti, dan struktur raksasa ini memiliki lebar 1,3 miliar tahun cahaya! [1 tahun cahaya = 9,4 triliun kilometer]

BOSS Great Wall bukanlah dinding dalam artian sebenarnya, dan dinding kosmik ini juga bukan yang pertama kali ditemukan. Struktur raksasa lainnya di alam semesta adalah Sloan Great Wall, yang memiliki sekitar setengah massa BOSS Great Wall.

Klaim pada struktur raksasa semacam ini cukup kontroversial, karena meskipun mereka terlihat sebagai struktur tunggal di langit, pada kenyataannya mereka tidak terikat bersama-sama oleh gravitasi seperti halnya gugus galaksi maupun supergugus galaksi.

"Kami menemukan 'dinding kosmik' dalam volume dan diameter yang lebih besar daripada supergugus galaksi yang sebelumnya dikenal. Mereka secara bersama-sama membentuk sistem bernama BOSS Great Wall," kata para astronom dalam makalah ilmiahnya, yang telah terbit di jurnal Astronomy & Astrophysics.

Menurut model komputer yang dirancang oleh para astronom, struktur raksasa semacam ini diperkirakan tidak akan lebih besar dari 1,2 miliar tahun cahaya, namun kenyataannya kini mereka menemukan stuktur raksasa yang lebih besar dari yang diprediksi oleh model komputer.

BOSS Great Wall ditemukan oleh Heidi Lietzen dari Institute of Astrophysics Canary Island dan timnya. Mereka mengamati sturktur besar di alam semesta ini pada jarak antara 4,5 miliar hingga 6,4 miliar tahun cahaya jauhnya dari Bumi.

"Itu jauh lebih besar dari apapun yang pernah kami pelajari," kata Lietzen seperti dikutip dari New Scientist. Sementara kelompok Lietzen sedang meneliti lebih lanjut terkait massa dari struktur raksasa ini, para ilmuwan lain justru sibuk mempertanyakan penemuan mereka.

"Saya tidak sepenuhnya mengerti mengapa mereka menghubungkan semua benda di alam semesta secara bersama-sama untuk menyebut atau mengganggap mereka sebagai struktur tunggal," kata Allison Coil dari University of California, San Diego.

Apapun itu, penemuan struktur raksasa ini tetap menarik untuk dipelajari dan membuka wawasan baru kita terhadap alam semesta.
Para Astronom Temukan Struktur Raksasa Selebar 1,3 Miliar Tahun Cahaya! Para Astronom Temukan Struktur Raksasa Selebar 1,3 Miliar Tahun Cahaya! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/15/2016 03:33:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.