Lihat Bulan, Mars dan Saturnus di Langit 29-30 Maret 2016

Posisi Bulan, Mars dan Saturnus di langit Timur saat tengah malam, 29 Maret 2016. Kredit: InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Menjelang tengah malam pada 28 Maret 2016, Anda akan melihat Bulan muncul di langit Timur. Dan pada saat tengah malam tanggal 29 Maret, Bulan akan muncul ditemani planet Mars, selanjutnya planet Saturnus juga akan terbit.

Mars membentuk segitiga di langit bersama dengan planet Saturnus dan bintang Antares mulai tengah malam hingga dinihari. Dalam formasi segitiga tersebut, Mars akan muncul paling terang dengan cahaya kemerahan yang khas. Anda dapat dengan mudah menemukannya pada tengah malam 29 Maret, kala itu Mars berada di sebelah kanan Bulan Cembung 77,4%.

Dalam pandangan mata telanjang, baik Mars maupun Saturnus hanya menampakan diri bagai bintang terang yang tidak berkelap-kelip. Namun lain halnya jika Anda mengamati menggunakan teleksop, Anda dapat melihat Mars lebih dekat dan Saturnus yang terlihat memiliki cincin.

Bulan, seperti yang kita sudah ketahui, akan selalu bergerak dalam orbitnya mengelilingi Bumi. Dengan gerakan revolusi tersebut, kedudukan Bulan tiap malam dan fase-fasenya akan berbeda atau berubah-ubah. Oleh sebab itu, jika pada 29 Maret Bulan ada di dekat Mars, pada 30 Maret giliran Saturnus yang berada di dekat Bulan.
Posisi Bulan, Mars dan Saturnus pada tengah malam 30 Maret 2016. Kredit: Info Astronomy
Saturnus akan bersinar paling terang kedua setelah Mars dalam formasi segitiga ini, secara otomatis bintang Antares berada di peringkat terakhir dalam hal kecerahan. Meski begitu, Antares merupakan bintang paling terang di rasi bintang Scorpius, ia memiliki magnitudo +1 dan merupakan salah satu bintang paling terang di langit.

Keberadaan Bulan Cembung 68,8% di sebelah Saturnus akan memudahkan Anda menemukan planet termasif kedua di Tata Surya setelah Jupiter tersebut. Namun seperti yang sudah dijelaskan di atas, kenampakan Saturnus dengan mata telanjang hanya bagai bintang saja, ia akan bersinar dengan warna kuning keemasan tak berkelap-kelip.

Sementara Bulan akan terus bergerak dari malam ke malam hingga mencapai fase Bulan Baru (New Moon), formasi segitiga Mars-Saturnus-Antares akan bertahan dan selalu terlihat hingga bulan September 2016 mendatang.

Selamat observasi!
Lihat Bulan, Mars dan Saturnus di Langit 29-30 Maret 2016 Lihat Bulan, Mars dan Saturnus di Langit 29-30 Maret 2016 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/28/2016 11:12:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.