LAPAN Gelar Siaran Langsung Gerhana Matahari 9 Maret 2016

Gerhana Matahari Total. Kredit: Shutterstock
Info Astronomy - Tidak memiliki alat untuk mengamati Gerhana Matahari 9 Maret 2016 dengan aman? Jangan khawatir, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan menayangkan siaran langsung peristiwa ini secara online dari berbagai kota di Indonesia!

Ya, tidak hanya di satu wilayah, LAPAN akan menggelar live-streaming ini akan dilakukan mulai dari Bangka hingga Palu. Dan menariknya, tidak hanya gerhana total saja yang disiarkan, melainkan juga gerhana parsial (sebagian).

Rabu, 9 Maret 2016, Gerhana Matahari Total hanya terjadi di beberapa provinsi seperti Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Jambi, Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

Sementara itu, provinsi lainnya yang tidak disebutkan hanya akan melihat Gerhana Matahari Sebagian, mulai dari 60% hingga 99%. Ketika puncak Gerhana Matahari Total, langit akan menjadi gelap, sementara saat puncak Gerhana Matahari Sebagian sangat berbeda, langit akan tetap terang.

Melihat Gerhana Matahari sangat berbahaya, sama bahayanya dengan melihat Matahari saat sedang tidak terjadi gerhana. Silau Matahari yang luar biasa terang mampu merebus retina mata dan menyebabkan kerusakan. Memang, sih, kerusakannya tidak langsung saat itu juga, melainkan menahun, dan akhirnya bisa buta permanen yang sulit disembuhkan.

Tentu Anda tidak ingin mengambil risiko berbahaya tersebut. Ada banyak cara aman melihat gerhana Matahari. Mulai dari menggunakan proyeksi lubang jarum, memakai kacamata Matahari dan alternatif lain adalah menonton siaran langsung.

Anda dapat menyaksikan siaran langsung Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari Parsial dari LAPAN pada tautan ini: gerhana-indonesia.id/id/live-streaming/ [Catatan: siaran langsung dimulai pada pagi hari mulai pukul 06:00 WIB 9 Maret 2016]
LAPAN Gelar Siaran Langsung Gerhana Matahari 9 Maret 2016 LAPAN Gelar Siaran Langsung Gerhana Matahari 9 Maret 2016 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/01/2016 03:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.