HARI INI 1997: Komet Hale-Bopp Memukau Warga Bumi

Kenampakan Komet Hale-Bopp (C/1995 O1) di Missouri, Amerika Serikat pada 22 Maret 1997. Kredit: Dan Bush
Info Astronomy - Komet Hale-Bopp (secara resmi bernama C/1995 O1) mungkin merupakan komet paling banyak diobservasi di abad ke-20 dan salah satu yang paling terang yang terlihat selama beberapa dekade. Komet ini terlihat dengan mata telanjang selama 18 bulan pada tahun 1997, yang berhasil memukau warga Bumi sehingga dijuluki Great Comet of 1997.

Hale-Bopp ditemukan pada 23 Juli 1995 oleh astronom AS, Alan Hale dan Thomas Bopp, pada jarak yang tidak terlalu jauh dari Matahari, meningkatkan harapan bahwa komet ini akan sangat terang ketika berada di jarak terdekat dengan Bumi.

Meskipun memprediksi kecerahan komet dengan tingkat akurasi yang baik sangat sulit, nyatanya Hale-Bopp memenuhi bahkan melampaui ekspektasi ketika mencapai perihelion--titik terdekat dengan Matahari--pada tanggal 1 April 1997.

Komet Hale-Bopp mulai terlihat dengan mata telanjang pada bulan Mei 1996, meskipun saat itu kenampakan komet tidak terlalu terang, namun para ilmuwan masih optimis kalau komet itu akan menjadi sangat terang.

Dan kejutan pun terjadi, pada awal-awal Januari 1997, komet Hale-Bopp ini sudah cukup terang untuk dilihat oleh siapa saja dengan mata telanjang, bahkan dari kota-kota besar dengan langit yang sudah tercemar polusi udara maupun polusi cahaya.

Internet sudah cukup berkembang pada saat itu, dan banyak situs yang melacak kemajuan kecerahan komet dan memberikan gambar setiap hari dari seluruh dunia sehingga komet Hale-Bopp ini menjadi sangat populer. Internet memainkan peran besar dalam mendorong keingintahuan publik yang belum pernah terjadi sebelumnya pada komet Hale-Bopp.

Semakin mendekati Matahari kala itu, komet pun semakin terang, bahkan komet Hale-Bopp sampai pada magnitudo +2 pada bulan Februari 1997, siapapun yang melihatnya saat itu dapat melihat ekor gas biru kekuningan yang melengkung sepanjang orbitnya.

Pada tanggal 9 Maret 1997, terjadi sebuah Gerhana Matahari Total di Tiongkok, Mongolia dan Siberia Timur, dan ketika puncak totalitas gerhana terlihat pula komet Hale-Bopp ini di langit siang hari. Komet Hale-Bopp mencapai perigee--titik paling dekat dengan Bumi--pada 22 Maret 1997 di jarak 1,315 SA (SA = Satuan Astronomi. 1 SA = 150 juta km).

Jadi, apakah pada saat itu Anda juga berhasil mengamati komet ini?