HARI INI 1974: Wahana Antariksa Mariner 10 Terbang Lintas Dekat Planet Merkurius

Ilustrasi wahana antariksa Mariner 10 saat berada di luar angkasa. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Hari ini 42 tahun yang lalu, Lembaga Antariksa AS (NASA) berhasil mengirim wahana antariksa Mariner 10 melintasi Merkurius. Wahana antariksa ini menjadi benda buatan manusia pertama yang berhasil terbang lintas dekat planet terdekat dengan Matahari di Tata Surya kita tersebut.

Mariner 10 adalah sebuah wahana antariksa robot Amerika yang diluncurkan oleh NASA pada tanggal 3 November 1973 dengan misi melintasi dan mempelajari planet Merkurius dan Venus.

Mariner 10 diluncurkan sekitar dua tahun setelah Mariner 9 dan wahana antariksa terakhir dalam program Mariner (Mariner 11 dan 12 dialokasikan ke program Voyager dan didesain ulang menjadi wahana antariksa Voyager 1 dan Voyager 2).

Tujuan misi adalah untuk mengukur lingkungan Merkurius, atmosfer, permukaan, dan karakteristik tubuh dan membuat penyelidikan serupa Venus. Tujuan sekunder adalah untuk melakukan eksperimen dalam medium antarplanet dan untuk mendapatkan pengalaman dengan gravitasi dual-planet yang akan membantu misi. Tim sains Mariner 10 dipimpin oleh Bruce C. Murray di Jet Propulsion Laboratory.
Wajah Merkurius dipotret oleh wahana antariksa Mariner 10 saat terbang lintas dekat 42 tahun yang lalu. Kredit: NASA
Mariner 10 mengorbit planet Merkurius tiga kali dan mendapatkan 10.000 foto yang mencakup 57% dari permukaan planet Merkurius. Sampai sekarang Mariner 10 masih mengorbit Matahari namun tidak berfungsi lagi, ia tidak dapat mengirim data karena bahan bakarnya sudah habis dan komunikasinya sudah diputus.

Biaya total dari penelitian, pengembangan, peluncuran, dan biaya pendukung yang lain dari wahana antariksa Mariner 1 sampai 10 adalah $554 juta. Sedangkan biaya total untuk Mariner 10 kira-kira $100 juta.
HARI INI 1974: Wahana Antariksa Mariner 10 Terbang Lintas Dekat Planet Merkurius HARI INI 1974: Wahana Antariksa Mariner 10 Terbang Lintas Dekat Planet Merkurius Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/29/2016 10:30:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.