Blue Origin Buka Wisata ke Luar Angkasa Mulai Tahun 2018, Mau Ikut?

Roket milik Blue Origin yang akan digunakan untuk wisata publik ke luar angkasa. Kredit: Blue Origin
Info Astronomy - Ke mana biasanya Anda berwisata? Pantai? Pegunungan? Kebun binatang? Nah, bagi Anda yang seorang traveller, mungkin Anda belum pernah berwisata ke luar angkasa. Namun jangan khawatir, perusahaan Blue Origin akan buka paket wisata ke luar angkasa mulai tahun 2018!

Blue Origin merupakan perusahaan pesawat antariksa milik Jeff Bezos. Diawali dengan menerbangan sejumlah pilot penguji pada tahun 2017, jika berhasil, mereka akan mulai menempatkan astronot--lebih tepatnya turis antariksa--berbayar untuk terbang ke orbit rendah Bumi pada tahun 2018.

Perusahaan itu diperkirakan membangun enam kendaraan New Shepard, yang berkapasitas enam penumpang yang terbang secara otomatis ke ketinggian lebih dari 100 kilometer di atas permukaan Bumi. Dengan ketinggian itu, cukup untuk merasakan keadaan tanpa gravitasi dan melihat planet Bumi dari luar angkasa selama beberapa menit.

Pada uji coba New Shepard yang pertama di bulan April 2015 lalu, kapsul dan roketnya berhasil mendarat dengan aman ke daratan. Hal ini membuat roket pendorong ini bisa digunakan lebih dari sekali. Kini, Blue Origin sedang dalam proses merangkai dua kendaraan berikutnya. Pesawat ini memiliki fitur berupa jendela bagi para penumpang yang membayar.

Blue Origin belum menetapkan harga untuk wisata ke luar angkasa tersebut, namun Bezos mengatakan harganya akan kompetitif dengan perusahaan lainnya, seperti Virgin Galactic milik Richard Branson dengan pesawat SpaceShipTwo sekitar US$ 250.000 (Rp 3,28 miliar), atau XCOR Aerospace yang merupakan lembaga milik swasta yang mematok tarif lebih murah, sebesar US$ 100.000 (sekitar Rp1,3 miliar) untuk satu orang yang terbang bersama dengan seorang pilot.

Untuk saat ini, Blue Origin fokus memperbaiki teknologi roket mereka. Oleh karena itu, Anda mungkin sudah bisa mulai menabung saat ini untuk memesan kursi wisata ke luar angkasa pertama Anda.
Blue Origin Buka Wisata ke Luar Angkasa Mulai Tahun 2018, Mau Ikut? Blue Origin Buka Wisata ke Luar Angkasa Mulai Tahun 2018, Mau Ikut? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/19/2016 04:55:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.