Yuk Lihat 5 Planet Tata Surya Sepanjang Maret 2016

Melihat konjungsi planet. Kredit: Martin Marthadinata
Info Astronomy - Maret 2016 adalah bulan terbaik tahun ini untuk melihat planet Jupiter. Bumi mengorbit Matahari lebih cepat daripada Jupiter, dan pada tanggal 8 Maret 2016, akan ada peristiwa oposisi Jupiter, peristiwa ketika Matahari-Bumi-Jupiter satu garis lurus. Tapi tak hanya Jupiter, akan ada Merkurius, Venus, Mars dan Saturnus yang bisa dilihat bulan ini.

Merkurius Hilang Dalam Silau Cahaya Fajar

Pada minggu-minggu terakhir Januari 2016 hingga dua minggu pertama Februari 2016, kita sempat melihat Merkurius bergabung dengan empat planet pagi lainnya--Venus, Saturnus, Mars dan Jupiter--yang membuat pertama kalinya lima planet Tata Surya muncul berbarengan sejak terakhir kali tahun 2005.

Pada Maret 2016, Merkurius akan terbit sebelum fajar tiba di awal-awal bulan ini, tapi mungkin ia akan berkedudukan terlalu dekat dengan Matahari sehingga kecerlangannya kalah dengan silau Matahari. Planet terdekat Matahari ini akan berayun ke "belakang" Matahari pada tanggal 23 Maret, untuk transisi dari langit pagi ke langit malam.

Kesempatan untuk melihat Merkurius pada Maret ini memang kecil, namun teleskop akan membantu Anda menemukannya. Sekitar dua minggu setelah Merkurius berpindah ke langit malam pada akhir Maret, Anda dapat menemukan Merkurius di langit Barat saat Matahari terbenam mulai akhir minggu pertama bulan April 2016. Stay tuned!

Venus Paling Terang di Langit Fajar

Tidak peduli di mana Anda berada di Bumi, pada Maret 2016 ini Planet Venus akan tetap dengan mudah ditemukan di langit Timur saat fajar. Venus adalah benda paling terang ketiga di langit setelah Matahari dan Bulan. Dengan cahayanya yang tidak berkelap-kelip, menemukan Venus sebelum olahraga pagi akan sangat mudah.

Venus akan terbit sekitar dua jam sebelum fajar tiba, namun pada akhir Maret 2016 ini, Venus akan terbit sekitar satu jam sebelum Matahari terbit. Jika diamati dengan mata telanjang, Venus hanya akan nampak bagai bintang kuning super-terang, lebih terang dari bintang-bintang sungguhan di sekitarnya. Untuk melihatnya nampak lebih besar, Anda dapat menggunakan teleskop.

Mars Muncul dari Tengah Malam Hingga Subuh

Mars memang tidak seterang Venus. Namun, Mars memiliki keunikan, yakni cahayanya kemerahan. Dan pada Maret 2016 hingga beberapa bulan ke depan, cahaya Mars akan semakin terang mendekati oposisinya.

Mars terbit di Timur menjelang tengah malam, tepatnya pada pukul 23:00 waktu lokal daerah Anda. Ia akan bergerak semu ke Barat hingga menjelang Matahari terbit. Cahayanya yang kemerahan dan tidak berkelap-kelip akan memudahkan Anda menemukannya di langit.

Namun begitu, Mars juga tidak akan nampak besar. Seperti Venus, Mars hanya nampak bagai bintang kecil di langit karena jaraknya yang jauh dari Bumi. Anda bisa menggunakan teleskop untuk melihat Planet Mars lebih dekat.

Mars akan semakin terang pada bulan ke bulan, sampai Planet Merah ini akan memuncak kecerlangannya pada bulan Mei 2016. Percaya atau tidak, kecelangan Mars akan menyamai kecerlangan Jupiter di langit Bumi!

Jupiter Muncul Sepanjang Malam

Jupiter adalah satu-satunya planet di Tata Surya yang bakal muncul segera setelah Matahari terbenam hingga menjelang Matahari terbit keesokan harinya sepanjang Maret 2016. Jupiter juga akan mencapai oposisi pada tanggal 8 Maret 2016.

Ketika oposisi, Jupiter akan berada satu garis lurus terhadap Matahari dan Bumi, membuatnya terbit tepat saat Matahari terbenam lalu terbenam tepat saat Matahari terbit. Pada oposisi pula, Jupiter akan nampak lebih terang karena berjarak sedikit lebih dekat ke Bumi (sekitar 660 juta km).

Oposisi Jupiter ini terjadi kurang dari satu hari sebelum fase Bulan Baru, sehingga membuat langit cukup gelap sehingga nyaman untuk pengamatan. Tapi dalam pandangan mata telanjang, Jupiter tidak akan nampak besar, ia hanya akan nampak bagai bintang terang yang cahayanya konstan alias tidak berkelap-kelip. Untuk melihat kabut atau awan di Jupiter serta empat satelit alami terbesarnya (Io, Ganymede, Europa dan Callisto), Anda butuh teleskop.

Saturnus Ditemani Bintang Antares

Ya, sepanjang Maret 2016, Planet Saturnus akan bersinar di dekat bintang Antares, bintang paling terang di rasi bintang Scorpius. Planet bercincin ini akan terbit sekitar pukul 01:00 dinihari waktu setempat. Pada akhir Maret 2016, Saturnus akan terbit sekitar sebelum tengah malam waktu setempat daerah Anda.

Dari kelima planet yang terlihat di langit, Saturnus adalah yang paling redup. Namun tetap terlihat dengan mata telanjang. Jika diamati dengan mata, Anda tidak akan melihat cincin Saturnus, Anda hanya akan melihat Saturnus yang muncul bagai bintang kecil kuning keemasan yang cahayanya tidak berkelap-kelip. Untuk melihat cincin Saturnus yang megah, Anda harus menggunakan teleskop.

Mengapa Kita Bisa Melihat Planet-planet Ini?

Mungkin Anda bertanya, kenapa kita melihat planet-planet padahal mereka tidak memancarkan cahayanya sendiri? Jawabannya adalah, sebab mereka mengorbit Matahari dan memantulkan cahayanya. Proses yang sama seperti Bulan, ia tidak memancarkan cahaya sendiri alias memantulkan cahaya Matahari yang diterimanya sehingga kita mampu melihatnya di langit.

Namun jangan berharap Anda akan melihat kenampakan planet-planet Tata Surya dalam ukuran besar yang sebenarnya. Karena Tata Surya yang begitu luas, jarak antar planet sangaaaaaaaaaaaaaaaaatt berjauhan. Sehingga Anda hanya akan melihat kelima planet Tata Surya di atas bagai melihat bintang namun cahayanya tidak berkelap-kelip alias konstan.

Jadi, sudah siap untuk melihat planet-planet ini? Selamat berburu planet Tata Surya!

Untuk memudahkan Anda menemukan planet-planet ini, Anda bisa mengunduh aplikasi peta langit yang cocok untuk gawai Anda, klik di sini: infoastronomy.org/unduh