1.000 Jepretan Astronot Scott Kelly Kini Tersedia di Situs Web Khusus

Astronot Scott Kelly 'selfie' di Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan di jendela ada Planet Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Siapa tak kenal Scott Kelly? Mungkin hampir seluruh orang di dunia yang mengikuti perkembangan informasi astronot dan luar angkasa akan mengenal sosok pria berkepala plontos ini. Scott Kelly merupakan astronot NASA yang menjalani misi satu tahun di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), dan ia telah memotret 1.000 foto dari orbit rendah Bumi tersebut.

Foto-foto hasil jepretan Scott Kelly sangat beragam. Mulai dari pemandangan Bumi di siang hari, pemandangan Bumi di malam hari, Matahari terbit dan terbenam dari luar angkasa, aurora dan Bulan dari luar angkasa serta foto ISS itu sendiri.

Kumpulan 1.000 jepretan Scott Kelly ini telah diarsipkan oleh Windows on Earth (WOE). WOE adalah proyek edukasi yang menampilkan foto-foto yang diambil oleh astronot dari ISS yang mengorbit pada ketinggian sekitar 380 kilometer di atas permukaan Bumi.

Faktanya, para astronot di ISS rajin mengambil ratusan foto per harinya, tentu foto-foto tersebut untuk penelitian ilmu pengetahuan, pendidikan dan penjangkauan masyarakat. Foto-foto hasil jepretan para astronot tersebut sangat bagus dan luar biasa indah, dan membantu kita semua untuk lebih menghargai planet rumah kita, Bumi.

Indonesia Dalam Jepretan Scott Kelly

Astronot Scott Kelly memotret Bumi dari luar angkasa, dan itu artinya ia bisa memotret apa saja, termasuk pulau-pulau di Indonesia. Kecantikan pulau-pulau di Indonesia seperti Pulau Siberut, Selat Madura, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara, hingga Papua berhasil diabadikan dari luar angkasa.

Wilayah selatan Papua, terlihat pada gambar: Yos Sudarso, Merauke, dan Sekitarnya. Kredit: WOE/Scott Kelly
Scott Kelly sendiri sedang bersiap untuk kepulangannya ke Bumi pada pagi hari tanggal 2 Maret 2016 mendatang. Ia telah menghabiskan setidaknya 340 hari di luar angkasa bersama kosmonot (sebutan astronot dari Rusia) Mikhail Kornienko.

Kepulangannya setelah hampir setahun di luar angkasa akan disambut meriah. Ia telah dijadwalkan mendarat di Kazakstan sekitar pukul 11:27 WIB pada 2 Maret 2016. Anda dapat menyaksikan siaran langsung kepulangan Scott Kelly dan Kornienko di NASA TV secara online, klik di sini: infoastronomy.org/nasatv

Bagi Anda yang ingin melihat kumpulan foto hasil jepretan astronot Scott Kelly dari ISS, klik di sini: windowsonearth.org
1.000 Jepretan Astronot Scott Kelly Kini Tersedia di Situs Web Khusus 1.000 Jepretan Astronot Scott Kelly Kini Tersedia di Situs Web Khusus Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/01/2016 04:39:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.