Malam Ini, Yuk Lihat Bulan Cembung di Dekat Gugus Bintang Pleiades!

Letak Bulan dan Gugus Bintang Pleiades, 15 Februari 2016 mulai saat Matahari terbenam. Kredit: Info Astronomy
Info Astronomy - Anda pasti pernah melihat bintang-bintang di langit, tapi apakah pernah melihat sebuah gugus bintang? Malam ini, 15 Februari 2016, Bulan yang telah masuk fase Cembung Awal akan memandu kita untuk menemukan gugus bintang Pleiades.

Berbeda dengan rasi bintang, gugus bintang merupakan sekelompok bintang yang seolah berjarak berdekatan di langit. Dalam astronomi, Pleiades atau Gugus Kartika (Messier 45) adalah sebuah gugus bintang terbuka di rasi bintang Taurus, merupakan gugus bintang paling jelas dilihat dengan mata telanjang, dan salah satu yang terdekat dengan Bumi. Dalam tradisi perbintangan Jawa ia dikenal sebagai Lintang Wuluh.

Gugus bintang Pleiades didominasi oleh bintang-bintang biru panas yang terbentuk kurang dari 100 juta tahun yang lalu. Debu yang membentuk nebula pemantul di sekitar bintang-bintang terang awalnya dikira sebagai sisa-sisa pembentuknya (dari sini nama alternatif Nebula Maia diturunkan dari bintang Maia).

Namun, sekarang diketahui bahwa nebula tersebut hanyalah awan debu medium antarbintang yang kebetulan sedang dilintasi oleh gugus. Astronom memperkirakan gugus bintang Pleiades akan bertahan hingga sekitar 250 juta tahun lagi, setelah itu gugus akan tercerai-berai karena interaksi gravitasi dengan obyek-obyek tetangganya.

Gugus bintang Pleiades (kiri atas). Kredit: Martin Marthadinata

Bagaimana Menemukannya Malam Ini?

Perhatikan gambar peta langit di atas, gugus bintang Pleiades akan berada beberapa derajat di arah Barat Laut dari Bulan Cembung. Dengan begitu, untuk menemukannya, Anda harus menemukan Bulan terlebih dahulu.

Pada saat Matahari terbenam senja ini (15/2) pukul 18:20 waktu lokal daerah Anda, Bulan Cembung berada tepat di atas kepala Anda. Sementara gugus bintang Pleiades belum terlalu jelas terlihat karena cahaya Matahari masih membirukan langit.

Dua puluh menit setelah Matahari terbenam, barulah gugus bintang Pleiades terlihat. Gugus bintang Pleiades saat itu akan berada di deklinasi +24° 7' dan Bulan Cembung di deklinasi +15° 6'. Keduanya akan berada di rasi bintang Taurus, dengan Pleiades yang bersinar di magnitudo +3 sementara Bulan akan lebih terang di magnitudo -11.

Pastikan langit cerah, karena kedua obyek langit ini bisa disaksikan dengan mata telanjang di seluruh wilayah Indonesia sampai dengan tengah malam ini. Tapi jika Anda memiliki teleskop, Anda akan lebih dekat mengamati keduanya.

Selamat observasi!